Tautan-tautan Akses

Konvoi Militer Rusia Masuki Ukraina Tenggara


Separatis pro-Rusia parade di Donetsk, Ukraina timur (24/8). Ukraina melaporkan masuknya konvoi militer Rusia ke negaranya.

Separatis pro-Rusia parade di Donetsk, Ukraina timur (24/8). Ukraina melaporkan masuknya konvoi militer Rusia ke negaranya.

Seorang pejabat tinggi Ukraina mengatakan hari Senin (25/8) tank dan kendaraan lapis baja Rusia telah menyeberang ke Ukraina tenggara.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Ukraina, Andriy Lysenko, mengatakan barisan 10 tank, dua kendaraan lapis baja dan dua truk menyeberangi perbatasan dekat Shcherbak. Katanya kendaraan militer Rusia itu membawa bendera pemberontak separatis Donetsk.

Menurut Lysenko, konvoi tersebut mungkin menuju ke daerah dekat Mariupol. Dia mengatakan pertahanan kota pelabuhan Laut Azov cukup untuk menangkis setiap serangan.

Sebelumnya Senin, Ukraina mengatakan pasukan pemerintah bentrok dengan konvoi kendaraan separatis dekat sebuah kota di Laut Azov.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan hari Senin bahwa Moskow ingin mengirim konvoi bantuan kemanusiaan lagi ke Ukraina timur.

Lavrov menjelaskan Rusia mengirim nota resmi ke Kyiv hari Minggu dengan informasi tentang konvoi bantuan baru tersebut, termasuk informasi tentang jenis bantuan yang akan dikirim.

XS
SM
MD
LG