Tautan-tautan Akses

Konvoi Kapal Bawa Bantuan ke Gaza


Delapan kapal sedang berlayar ke Gaza, sementara Israel mengancam menghentikan konvoi.

Konvoi kapal yang membawa bahan bangunan dan bantuan lain untuk warga Palestina sedang berlayar menuju Gaza. Konvoi ini kemungkinan akan menimbulkan konfrontasi dengan militer Israel.

Delapan kapal dari pelabuhan-pelabuhan Laut Tengah di Eropa dan Turki sedang menuju tempat pertemuan dekat Siprus, di mana mereka bermaksud berkumpul kembali dan berlayar ke Gaza sebelum hari Sabtu.

Kapal-kapal barang dan penumpang sedang memuat 10.000 ton perbekalan dan 700 aktivis yang berusaha menghindari blokade Israel terhadap wilayah Palestina itu. Karena blokade itu, banyak bangunan di Gaza masih tidak diperbaiki akibat kerusakan yang diderita dalam serangan Israel tahun 2009.

Israel telah mengatakan pihaknya tidak akan mengizinkan konvoi bantuan sampai ke Gaza. Israel mengatakan bila terpaksa akan menghentikan konvoi kapal ini, menahan para aktivis dan memulangkan mereka ke negara masing-masing. Israel juga mengatakan pihaknya akan mengalihkan bantuan itu ke Gaza melalui tempat penyeberangan perbatasannya.

XS
SM
MD
LG