Tautan-tautan Akses

Konvoi Bantuan Rusia Masuki Ukraina


200 truk konvoi bantuan Rusia tampak diparkir di dekat perbatasan Ukraina hari Kamis (21/8).

200 truk konvoi bantuan Rusia tampak diparkir di dekat perbatasan Ukraina hari Kamis (21/8).

Pasukan Ukraina Kamis (21/8) mulai memeriksa sejumlah kendaraan dari konvoi 200 truk Rusia itu setelah akhirnya mereka diijinkan memasuki Ukraina.

Para pejabat Ukraina mengatakan, para pengawal perbatasan telah mulai memeriksa konvoi bantuan Rusia yang telah dihentikan di perbatasan selama berhari-hari, menantikan izin memasuki negara itu.

Dinas Pengawal Perbatasan Ukraina mengatakan, Kamis, pasukannya telah mulai memeriksa sejumlah kendaraan dari konvoi 200 truk itu setelah akhirnya mereka memasuki Ukraina.

Konvoi itu telah menunggu di perbatasan untuk memenuhi serangkaian tahapan formal, termasuk inspeksi oleh Palang Merah. Palang Merah telah menunggu selama beberapa hari untuk mendapat jaminan keamanan dari semua pihak sebelum mendekati konvoi tersebut.

Hari Rabu, jurubicara keamanan nasional Ukraina, Andriy Lysenko, mengatakan, pasukan Ukraina telah merebut kembali kontrol atas kota Ilovaysk, Ukraina Timur, setelah pertempuran hebat dengan separatis pro-Rusia. Kota itu secara strategis penting karena jalan-jalan dan jalur-jalur keretanya.

Lysenko mengatakan kepada wartawan, ia tidak bisa mengatakan bahwa kota itu bebas dari teroris namun pasukan Ukraina berhasil memasuki kota itu sepenuhnya. Namun, ia mengatakan, para pemberontak terus melancarkan serangan balasan terhadap pasukan Ukraina di kawasan tersebut.

XS
SM
MD
LG