Tautan-tautan Akses

Konvensi Partai Demokrat Tampilkan Para Calon Pemimpin untuk 2016

  • Ian Umar

Gubernur Martin O’Malley memberikan pidato pada DNC 2012 di Charlotte, N.C. (4/9). O'Malley dikenal dengan keberhasilannya mereformasi sistem pendidikan di negara bagian Maryland.

Gubernur Martin O’Malley memberikan pidato pada DNC 2012 di Charlotte, N.C. (4/9). O'Malley dikenal dengan keberhasilannya mereformasi sistem pendidikan di negara bagian Maryland.

Konvensi nasional Partai Demokrat (DNC) di Charlotte, North Carolina juga menjadi ajang penampilan bintang-bintang politisi muda dan politisi besar yang berpeluang untuk memimpin Partai Demokrat dalam pemilu tahun 2016.

Presiden Barack Obama mungkin akan menang lagi atau mungkin juga kalah dalam pemilu bulan November nanti. Dari kedua kemungkinan itu, Partai Demokrat masih harus mempertimbangkan siapa yang akan berpeluang untuk memenangkan pemilu tahun 2016 nanti.

DNC juga dijadikan ajang untuk memperkenalkan bintang-bintang politisi baru kepada anggota partai, delegasi, aktifis dan rakyat Amerika. Dari beberapa politisi yang diperkenalkan dalam DNC, ada sejumlah nama yang tampaknya berpeluang menjadi bintang politisi nasional untuk Partai Demokrat.

Satu di antaranya, Gubernur Massachusetts, Deval Patrick yang menyampaikan pidato yang penuh semangat dan menjadi sorotan media atas penampilannya yang berapi-api.
Ia mengatakan, jika kita ingin memimpin, sudah waktunya bagi Partai Demokrat untuk berdiri dengan tegap dan memperjuangkan keyakinannya.

Sebagai Gubernur pertama yang berkulit hitam di negarabagian Massachusetts, Deval Patrick sangat didukung oleh kalangan liberal karena program-programnya yang berorientasi pada pendidikan, lingkungan hidup, layanan kesehatan, dan dukungan terhadap veteran perang. Banyak yang memperkirakan ia akan menjadi calon kuat untuk Pemilu 2016.

Tokoh politik lainnya yang juga menjadi sorotan para analis politik adalah Gubernur Maryland, Martin O’Malley yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Gubernur Partai Demokrat.

O’Malley menjabarkan prestasi dari Presiden Barack Obama bahwa selama 21 bulan belakangan lapangan pekerjaan di sektor swasta terus bertambah, Amerika maju ke depan bukannya mundur. Dengan membuat perguruan tinggi lebih terjangkau untuk keluarga kelas menengah, Presiden Obama justru melangkah maju ke depan dan bukan mundur, tambah O’Malley.

Gubernur Martin O’Malley dikenal dengan keberhasilannya dalam melakukan reformasi sistem pendidikan di Maryland.

Kandidat Senator AS untuk negara bagian Massachusetts, Elizabeth Warren menjadi salah satu 'bintang' DNC 2012 di Charlotte, NC (4/9).

Kandidat Senator AS untuk negara bagian Massachusetts, Elizabeth Warren menjadi salah satu 'bintang' DNC 2012 di Charlotte, NC (4/9).

Politisi baru yang justru menarik perhatian para delegasi, aktivis dan anggota Partai Demokrat adalah kandidat Senator AS untuk negara bagian Massachusetts, Elizabeth Warren.

Seorang ekonom, dosen dan ibu rumah tangga yang beralih menjadi politisi untuk memperjuangkan hak-hak keluarga kelas menengah dari keserakahan pengusaha besar Wall Street ini, mulai menarik perhatian rakyat Amerika ketika ia ditunjuk oleh Obama sebagai penasihat untuk Badan Perlindungan Konsumen untuk Keuangan yang dibentuk oleh pemerintahan Obama.

Warren mengatakan; coba perhatikan, perusahaan-perusahaan besar minyak mengeruk laba milyaran dollar, bilyuner membayar persentase pajak lebih rendah dari sekretarisnya, CEO Wall Street, orang-orang yang sama menjeremuskan perekonomian Amerika dan melenyapkan jutaan lapangan pekerjaan, tidak tahu malu datang ke DPR dan meminta bantuan, tapi berperilaku seolah-olah Amerika mesti berterima kasih kepada mereka. Apakah ini dapat dibenarkan? tanya Elizabeth Warren.

Selain tokoh-tokoh besar, DNC juga memperkenalkan bintang politisi muda baru lainnya ke forum nasional, seperti Walikota Newark, New Jersey, Corey Booker dan Walikota San Antonio, Texas, Julian Castro.
XS
SM
MD
LG