Tautan-tautan Akses

Konvensi Partai Demokrat Soroti Isu Utama bagi Kelompok Minoritas

  • Ian Umar

Walikota San Antonio Julian Castro memberikan pidato pada konvensi nasional Partai Demokrat di Charlotte, North Carolina (4/9).

Walikota San Antonio Julian Castro memberikan pidato pada konvensi nasional Partai Demokrat di Charlotte, North Carolina (4/9).

Komunitas imigran, warga kulit hitam, hispanik, Asia Pasifik dan penduduk asli Amerika termasuk dalam kategori minoritas berdasarkan sensus Amerika.

Dalam konvensi Partai Demokrat isu-isu utama bagi komunitas minoritas mendapat sorotan. Delegasi dan aktifis Partai Demokrat Selasa malam penuh semangat mendengarkan pidato Walikota San Antonio Julian Castro yang juga adalah keturunan Hispanik. Ia dibesarkan oleh keluarga yang berimigrasi dari Mexico.

Dipilihnya Julian Castro sebagai pembicara utama sebelum pidato Michelle Obama dipandang oleh berbagai analis politik sebagai upaya dari Partai Demokrat untuk menggalang pemilih dari komunitas minoritas Hispanik. Populasi warga Hispanik berkembang cukup pesat di Amerika, kini jumlahnya hampir 50 juta orang.

Dalam pemilu tahun 2008, Partai Demokrat mendapat dukungan sebesar hampir 67 persen dibandingkan dengan Partai Republik yang hanya memperoleh dukungan sedikit di atas 31 persen dari populasi Hispanik Amerika.

Pihak kampanye Obama ingin tetap mempertahankan keunggulan tersebut. Ini terlihat dalam landasan empat tahun Partai Demokrat yang baru dirilis secara resmi, salah satu landasannya adalah isu imigrasi yang menyatakan “Partai Demokrat berkomitmen kuat untuk menjalankan reformasi kebijakan imigrasi secara keseluruhan.”

Walikota San Antonio Julian Castro menekankan kembali citra Amerika sebagai negara yang penuh kesempatan untuk menggapai penghidupan yang lebih baik.

Julian Castro mengatakan impian untuk membesarkan keluarga di negara di mana kerja keras membuahkan hasil, bukanlah hal yang unik bagi Amerika. Itu adalah impian yang manusiawi yang tidak ada batasnya. Kata Julian Castro impian itu universal dan dengan memanfaatkan kesempatan telah menjadikan impian itu menjadi kenyataan.

Dalam pidatonya dihadapan delegasi dan aktifis Partai Demokrat, anggota Kongres Kaukus Hispanik dari negara bagian New York, Nydia Velazquez menyatakan kemajuan hak-hak bagi komunitas Hispanik Amerika.

Nydia Velazquez mengatakan karena upaya Presiden Obama, makin banyak warga Hispanik Amerika mendapat layanan kesehatan, makin banyak siswa dapat melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, dan kini warga Hispanik yang ingin menggapai harapan penghidupan layak di Amerika dan merasa sudah seperti warga Amerika tapi belum menjadi warganegara Amerika dengan secarik kertas, mereka tidak perlu lagi khawatir dibayang-bayangi ancaman deportasi, tambah Velazquez.

Partai Republik juga berusaha menarik para pemilih dari komunitas Hispanik dengan menampilkan Senator Marco Rubio dari Florida yang juga adalah warga Amerika keturunan Kuba sebagai pembicara utama dalam RNC. Sementara, Julian Castro adalah warga Amerika keturunan Meksiko yang populasinya lebih besar dibandingkan warga Amerika keturunan Kuba.

Populasi Hispanik di Amerika meningkat sebesar 43 persen antara tahun 2000-2010. Kini, satu dari empat warga Amerika berusia di bawah usia 18 tahun adalah Hispanik.
XS
SM
MD
LG