Tautan-tautan Akses

Konvensi Partai Demokrat AS Dimulai Hari Ini


Para pendukung Senator Bernie Sanders melakukan unjuk rasa di Philadelphia, memrotes para pengurus partai Demokrat yang lebih condong kepada Hillary Clinton, Minggu (24/7).

Para pendukung Senator Bernie Sanders melakukan unjuk rasa di Philadelphia, memrotes para pengurus partai Demokrat yang lebih condong kepada Hillary Clinton, Minggu (24/7).

Partai Demokrat Amerika akan memulai konvensi nasional mereka di Philadelphia hari ini (25/7), yang akan meresmikan mantan Menteri Luar negeri Amerika Hillary Clinton sebagai calon presiden partai itu untuk tahun 2016.

Namun, konvensi nasional Partai Demokrat menghadapi kontroversi akibat bocoran email yang menunjukkan para tokoh partai Demokrat membantu memperlancar usaha Hillary untuk menjadi calon presiden dengan memperolok-olokan penantangnya, Senator dari Vermont Bernie Sanders.

Debbie Wasserman Schultz, ketua Komite Nasional Partai Demokrat, dikeluarkan dari jabatannya hari Minggu (24/7) setelah Wikileaks membocorkan hampir 20 ribu email.

Schultz diejek hari Senin (25/7) oleh para pendukung Sanders ketika ia berbicara kepada sekelompok delegasi dari negara bagian asalnya, Florida, di mana ia sebagai anggota Kongres, tetapi tidak membicarakan email tersebut.

Wasserman Schultz memberitahu para hadirin bahwa dia dengan senang hati menerima tawaran Clinton untuk menjadi wakil Clinton dalam kampanye bulan-bulan mendatang, setelah mengundurkan diri sebagai ketua partai pada akhir konvensi 4-hari itu.

Sanders, seorang sosialis demokrat yang melancarkan kampanye berbulan-bulan menyaingi Clinton untuk menjadi calon presiden dari partai demokrat sebelum dikalahkan Clinton, mengatakan ia marah oleh email yang dibocorkan itu yang merendahkannya.

Tetapi, Sanders mengatakan bahwa email tersebut membenarkan tuduhannya bahwa para pengurus partai condong pada Clinton dalam usahanya untuk menjadi presiden perempuan pertama Amerika Serikat.

Sanders telah menyatakan dukungannya pada Clinton dan akan menyampaikan pidato utama dalam konvensi malam ini di kota Philadelphia, Pennsylvania.

Ibu negara Michelle Obama dan seorang tokoh progresif partai Demokrat, yakni Senator dari Massachusetts Elizabeth Warren, juga akan menyampaikan pidato yang mendukung Clinton dalam usahanya melawan calon presiden dari Partai Republik Donald Trump, seorang milyarder real-estate. [gp]

XS
SM
MD
LG