Tautan-tautan Akses

Kontroversi Cirikan 42 Tahun Pemerintahan Gaddafi


Foto tertanggal 4 Agustus 1975 ini diabadikan pada KTT Organisasi Persatuan Afrik (OAU), enam tahun setelah Kolonel Moammar Gaddafi mengambil alih kekuasaan di Libya.

Foto tertanggal 4 Agustus 1975 ini diabadikan pada KTT Organisasi Persatuan Afrik (OAU), enam tahun setelah Kolonel Moammar Gaddafi mengambil alih kekuasaan di Libya.

Kolonel Moammar Gaddafi mulai memimpin Libya di usianya yang ke-27 dan sejak itu dikenal sebagai seorang pemimpin yang tak hanya nyentrik, tapi juga kontroversial.

Moammar Gaddafi berkuasa dari tahun 1969 setelah ia menggulingkan Raja Idris dalam sebuah kudeta militer hingga bulan Agustus tahun ini saat pejuang Dewan Transisi Nasional (NTC) menyerbu kompleksnya di Tripoli.

Pejabat NTC mengatakan mantan pemimpin Libya tersebut dilaporkan tewas, Rabu, saat pasukan NTC merebut kekuasaan atas kota kelahiran Gaddafi, Sirte. Sirte juga merupakan benteng terakhir yang masih dikendalikan oleh para loyalis Gaddafi.

Kolonel Gaddafi mendapatkan reputasi sebagai seorang pemimpin yang eksentrik, termasuk dengan gaya berpakaiannya yang nyentrik: perpaduan jubah panjang dan kulit binatang, dan tak ketinggalan mengikuti Gaddafi ke mana-mana adalah para pengawal perempuannya. Mantan Presiden AS Ronald Reagan menjulukinya "anjing gila dari Timur Tengah," merujuk pada berbagai keputusan politiknya yang kontroversial.

Gaddafi mendukung sejumlah gerakan revolusioner di berbagai negara, termasuk di Chad dan Iran. Ia juga dituduh mensponsori berbagai kelompok militan Islam.

Pada tahun 1986, Presiden AS Reagan memerintahkan serangan udara di Libya atas dugaan keterlibatan pemerintah Gaddafi dalam pemboman klub malam di Jerman yang menewaskan dua prajurit AS. Anak peremuan angkat Gaddafi tewas dalam serangan AS tersebut.

Hanya dua tahun kemudian, Libya dituding mendalangi pemboman Pan Am penerbangan 103 di atas kota Lockerbie, Skotlandia. Insiden tersebut menewaskan 270 orang. Gaddafi mengaku bertanggungjawab atas serangan itu pada tahun 2003 dan setuju untuk membayar kompensasi lebih dari dua miliar dolar AS kepada keluarga para korban.

Pada tahun yang sama, pemimpin Libya setuju untuk mengutuk terorisme dan senjata pemusnah massal, membuka jalan bagi pencabutan sanksi AS dan Eropa yang diberlakukan setelah pemboman diskotek di Jerman, dan memulihkan hubungan diplomatik Libya dengan Amerika dan negara-negara Eropa. PBB juga mengangkat sanksi yang terkait dengan pemboman Lockerbie.

Mulai bulan Februari tahun ini, Gaddafi berjuang mempertahankan kekuasaannya di tengah pemberontakan besar-besaran di negaranya. Ia berada di bawah tekanan internasional untuk mundur, setelah ia menanggapi pemberontakan dengan kekerasan yang mematikan. Tindakan keras pemerintah Gaddafi terhadap para pengunjuk rasa mendorong sanksi internasional baru terhadap Libya, dan di bulan Maret, NATO memulai serangan udara melawan pasukan Gaddafi di bawah mandat PBB untuk melindungi rakyat Libya.

Lahir pada 1942 dari sebuah keluarga etnis Badui Arab di padang pasir Libya, Gaddafi lulus dari University of Libya sebelum kemudian menjadi seorang perwira tentara.

Kurang dari satu dekade setelah mengambil kendali negara di usianya yang ke-27, ia menciptakan sebuah sistem pemerintahan yang disebut "Jamahiriya," bahasa Arab untuk "negara massa." Dalam teori, sistem ini dijalankan oleh komite rakyat, dengan Gaddafi sebagai judul "Pemimpin dan Pemandu Revolusi." Tapi pada kenyataannya, ia menentang segala bentuk perbedaan pendapat dan selama pemerintahannya ia menjadi target beberapa upaya pembunuhan.

Gadhafi adalah seorang pendukung kuat bagi ideologi persatuan Arab dikenal sebagai Pan-Arabisme, dan juga memimpin upaya menyatukan negara-negara Afrika di bawah ideologi Pan-Afrika.

XS
SM
MD
LG