Tautan-tautan Akses

Kontrak Beatles dan Manajernya Terjual pada Lelang di London


Seorang staf Sotheby's menunjukkan kontrak yang mengorbitkan The Beatles dengan menyatukan John Lennon, George Harrison, Paul McCartney dan Ringo Starr, di rumah lelang Sotheby's di London, 24 September 2015.

Seorang staf Sotheby's menunjukkan kontrak yang mengorbitkan The Beatles dengan menyatukan John Lennon, George Harrison, Paul McCartney dan Ringo Starr, di rumah lelang Sotheby's di London, 24 September 2015.

Kontrak yang membantu mengorbitkan kelompok pop paling sukses sepanjang masa itu terjual dalam sebuah lelang di Sotheby's pada hari Selasa (29/9) senilai 365.000 pounds (hampir Rp 8,1 miliar).

"Money can't buy me love," seperti yang pernah dinyanyikan Beatles dulu, tapi sebuah kontrak yang membantu mengorbitkan kelompok pop paling sukses sepanjang masa itu terjual dalam sebuah lelang di Sotheby's pada hari Selasa (29/9) senilai 365.000 pounds (atau hampir Rp 8,1 miliar).

Kontrak yang disetujui oleh John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr pada 1 Oktober 1962, mengangkat Brian Epstein, yang kadang-kadang disebut sebagai anggota Beatles kelima, sebagai manajer mereka yang juga membawa Ringo sebagai pemain drum kelompok tersebut.

Kontrak tersebut adalah kontrak kedua yang ditandatangani oleh Beatles dan Epstein, mantan pemilik toko rekaman musik yang jatuh cinta dengan kelompok itu setelah mendengarkan musik mereka berkali-kali di Cavern Club di Liverpool.

Kontrak tersebut menggantikan kontrak sebelumnya yang ditandatangani bulan Januari pada tahun yang sama, yang menyertakan Pete Best sebagai drummer. Ia digantikan oleh Richard Starkey, yang lebih dikenal dengan nama Ringo.

Kontrak tersebut ditandatangani beberapa hari sebelum single terlaris mereka, "Love Me Do," dirilis.

"Tanpa kontrak ini, dan hubungan yang diwakili olehnya, mungkin Beatles tidak akan mungkin mencapai kesuksesan mereka," kata Gabriel Heaton, pakar buku dan manuskrip Sotheby's dalam sebuah pernyataan.

"Untuk menjadikan musik populer tidak hanya dibutuhkan kemampuan musik dan penulisan lagu yang hebat, tapi bagaimana musik itu disajikan, pengarahan terhadap musik tersebut dan keharmonisan internal kelompok Beatles semuanya bisa dicapai berkat Brian Epstein. Ia dijuluki sebagai anggota Beatles kelima, seperti yang diakui oleh Paul McCartney."

Kontrak tersebut adalah salah satu di antara benda-benda memorabilia musik rock dan pop yang dilelang di Sotheby's. [dw]

XS
SM
MD
LG