Tautan-tautan Akses

Sehari Jelang Pemungutan Suara Capres Partai Republik Amerika


Kandidat Calon Presiden Amerika dari partai Republik, Mitt Romney, berbicara di depan para pendukungnya di Iowa (1/1).

Kandidat Calon Presiden Amerika dari partai Republik, Mitt Romney, berbicara di depan para pendukungnya di Iowa (1/1).

Para kontestan calon Presiden Amerika dari partai Republik hanya memiliki kesempatan berkampanye satu hari lagi sebelum pemungutan suara besok, ujian besar yang pertama untuk pemilihan presiden tahun 2012.

Menurut angket pendapat umum oleh suratkabar terkemuka negara bagian itu, Des Moines Register, pemenang kali ini sulit diperkirakan para pakar.

Suratkabar itu menempatkan mantan gubernur Massachussetts Mitt Romney ditempat teratas dengan 24 persen suara, yang diikuti oleh anggota Kongres Ron Paul dengan 22 persen. Mantan Senator yang juga seorang konservatif sosial Rick Santorum telah melompat ke kedudukan ketiga dengan 15 persen setelah berbulan-bulan berada di tempat paling bawah menurut survei pemilih.

Empat calon lain berada di belakang yaitu mantan Ketua DPR Newt Gigrich, Gubernur Texas Rick Perry, anggota Kongress Michele Bachman dan mantan Dutabesar Amerika untuk Tiongkok, Jon Huntsman. Semuanya kecuali Huntsman pernah berada dekat kedudukan tertinggi menurut hasil survei.

Tetapi, suratkabar Iowa tadi mengatakan 41 persen dari orang yang berencana turut dalam pemungutan suara di Iowa besok belum menentukan pilihan mereka atau mengatakan mereka mungkin masih akan berubah pikiran sebelum Selasa, yang membuat hasilnya jauh dari pasti.

Sekalipun sukses dalam pemungutan suara di Iowa bukan langkah yang pasti menuju Gedung Putih. Namun hasil yang kuat dapat memberi seorang calon momentum menuju pemilihan pendahuluan. Hasil yang buruk di Iowa dapat juga merupakan pertanda babak berakhirnya kampanye seorang calon.

XS
SM
MD
LG