Tautan-tautan Akses

Kontestan Capres AS Santorum Menang di 3 Negara Bagian


Kandidat Capres Partai Republik Rick Santorum di St. Charles, Missouri (7/2).

Kandidat Capres Partai Republik Rick Santorum di St. Charles, Missouri (7/2).

Kampanye Rick Santorum untuk menjadi calon presiden dari partai Republik mendapat kemajuan besar setelah meraih kemenangan dalam pemungutan suara hari Selasa di Minnesota, Missouri dan Colorado.

Setelah sebagian besar kertas suara dihitung, mantan Senator Amerika dari Pennsylvania itu memenangkan Minnesota dengan perolehan 45 persen suara, dan anggota Kongres Amerika Ron Paul meraih tempat kedua dengan 27 persen dan bekas gubernur Massachusetts Mitt Romney jauh di tempat ketiga dengan 17 persen suara.

Dalam pemilihan pendahuluan di Missouri, setelah hampir semua kertas suara dihitung, Santorum memenangkan 45 persen suara, sementara Romney di tempat kedua dengan 25 persen dan Paul jauh pada kedudukan ke-3 dengan 12 persen.

Dalam pidato kemenangannya di Missouri Selasa malam, Santorum menyatakan konservatisme hidup dan sehat di Missouri dan Minnesota, dan bahwa ia adalah konservatif sejati sebagai pilihan yang lain dari Romney dan Presiden dari partai Demokrat Barack Obama. Ia menuduh Obama arogan karena kegagalannya mendengarkan tentangan rakyat Amerika terhadap pemberian dana talangan untuk sektor keuangan dan reformasi perawatan kesehatan.

Santorum juga meraih kemenangan yang diluar dugaan dalam pemungutan suara partai di Colorado hari Selasa. Ketua partai Republik negara bagian itu mengumumkan Rabu pagi bahwa Santorum telah memenangkan lebih dari 40 persen suara di negara bagian Barat itu, yang dimenangkan Romney dengan selisih suara yang besar dalam pemungutan suara partai Republik tahun 2008.

Ketiga kemenangan Santorum itu merupakan satu pukulan lagi terhadap status Romney sebagai kontestan terkuat untuk menjadi calon presiden dari partai Republik.

Romney mengucapkan selamat kepada Santorum ketika kampanye di Denver sebelum hasil pemungutan suara Colorado diumumkan, tetapi mengatakan kepada massa ia masih memperkirakan akan menjadi calon presiden.

XS
SM
MD
LG