Tautan-tautan Akses

Kontestan Capres AS Mitt Romney Menang Tipis di Ohio


Romney menyapa pendukungnya di Ohio (7/3).

Romney menyapa pendukungnya di Ohio (7/3).

Mitt Romney unggul lebih dari 12.000 suara, kurang dari satu persen atas pesaing terdekatnya, Rick Santorum.

Calon presiden Amerika Mitt Romney menang dengan tipis dalam pemilihan pendahuluan di negarabagian Ohio, negara bagian yang paling penting dari ke-10 negara bagian yang mengadakan pemilihan kemarin.

Setelah hampir semua suara dihitung Rabu pagi, Romney unggul lebih dari 12 ribu suara, selisih yang hanya kurang dari satu persen atas mantan Senator Amerika Rick Santorum.

Kemenangan di Ohio itu adalah yang ke-4 bagi Romney kemarin, setelah menang di Vermont, Virginia dan Massachusetts, dimana ia pernah gubernur. Ia juga diperkirakan telah menang di Idaho.

Lebih dari sepertiga dari ke-1.144 delegasi yang dibutuhkan untuk menang sebagai calon presiden dari partai Republik diperebutkan dalam pemilihan kemarin, lebih banyak daripada jumlah delegasi yang diperebutkan sebelumnya.

Romney telah memenangkan lima pemilihan terakhir sebelum berlangsungnya pemilihan “Super Tuesday” yang diadakan di 10 negarabagian sekaligus kemarin. Ia berharap akan menggunakan hasil pemilihan itu untuk menegakkan dirinya sebagai kontestan yang bakal menjadi calon presiden dari partainya.

Hasil Perolehan Suara 'Super Tuesday' Pemilihan Capres AS Partai Republik (7/3)

Hasil Perolehan Suara 'Super Tuesday' Pemilihan Capres AS Partai Republik (7/3)

Saingan utamanya, Santorum seorang konservatif sosial, sedang berusaha memperoleh kembali momentum yang membantunya memenangkan tiga negarabagian dalam satu hari awal Februari.

Santorum, seorang mantan Senator, diperkirakan akan menang di North Dakota, Oklahoma, dan Tennessee. Ia mengadakan perayaan di Ohio.

Mantan ketua DPR Newt Gingrich telah memenangkan Georgia, di bagian tenggara Amerika, yang pernah ia wakili di Kongress selama 20 tahun.

Pemilihan kemarin memperdekat partai Republik ke babak pemilihan calon mereka, yang akan menghadapi Presiden Barack Obama dari partai Demokrat, dalam pemilihan presiden bulan November mendatang.

XS
SM
MD
LG