Tautan-tautan Akses

Kontes Capres Partai Republik Beralih ke Colorado dan Minnesota


Mantan Gubernur Massachusetts, Mitt Romney melakukan kampanye di Colorado Springs, Colorado (4/2).

Mantan Gubernur Massachusetts, Mitt Romney melakukan kampanye di Colorado Springs, Colorado (4/2).

Romney berharap dapat memantapkan keunggulan dalam kontes Partai Republik, sementara Gingrich membantah bahwa ia akan mundur.

Perhatian terhadap kontes untuk menentukan kandidat partai Republik yang akan menghadapi Presiden Barack Obama dalam pemilu November mendatang beralih ke arah timur, dari Nevada ke negara bagian Colorado dan Minnesota.

Kedua negara bagian itu akan menggelar kaukus Selasa mendatang. Calon unggulan, mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney, yang mencatat kemenangan mantap dalam kaukus hari Sabtu di Nevada, meraih dua kali lipat suara yang diperoleh saingan terdekatnya, mantan ketua DPR Newt Gingrich.

Dalam pidato kemenangannya, Romney mengecam Obama yang dituduhnya menelantarkan Nevada pada saat perekonomian negara bagian itu terpuruk.

Setelah kaukus hari Selasa di Colorado dan Minnesota, kaukus selanjutnya berlangsung hari Sabtu di Maine. Romney berharap dapat memantapkan keunggulannya dalam kontes Partai Republik. Tetapi Gingrich menepis dugaan bahwa ia akan mundur dari kontes dan bertekad untuk terus bersaing hingga konvensi nominasi partai di Tampa, Florida, bulan Agustus.

Nevada adalah negara bagian ke-lima, dan yang pertama di bagian barat, yang mengadakan kontes pencalonan bakal presiden. Romney mencetak kemenangan besar Selasa lalu dalam pemilihan pendahuluan di Florida, juga menang di South Carolina tetapi kalah di New Hampshire dan Iowa.

Di Nevada, ia mendapat dukungan dari sejumlah besar pemilih yang juga sesama penganut Mormon. Dua kandidat lain yang masih tersisa dalam kontes ini adalah mantan Senator Rick Santorum dan legislator Ron Paul.

XS
SM
MD
LG