Tautan-tautan Akses

AS

Konsumsi Listrik Berkurang di Amerika


Presiden AS Barack Obama berbicara di fasilitas tenaga surya di Boulder, Nevada (foto: dok). Regulasi ketat dan insentif terhadap energi terbarukan telah menurunkan konsumsi listrik di rumah-rumah Amerika.

Presiden AS Barack Obama berbicara di fasilitas tenaga surya di Boulder, Nevada (foto: dok). Regulasi ketat dan insentif terhadap energi terbarukan telah menurunkan konsumsi listrik di rumah-rumah Amerika.

Karena regulasi lebih ketat yang diterapkan pada awal tahun 2000-an, penggunaan listrik di rumah-rumah Amerika merosot untuk tahun ketiga berturut-turut.

Mulai 1 Januari, perusahaan-perusahaan Amerika tidak lagi diizinkan untuk memproduksi atau mengimpor bohlam lampu pijar 60 dan 40 watt, yang filamen kawat pijarnya sangat tidak efisien, karena menggunakan hanya 5 persen listrik untuk menghasilkan sinar sementara selebihnya hanya berupa panas.

Karena regulasi lebih ketat yang diterapkan pada awal tahun 2000-an, penggunaan listrik di rumah-rumah Amerika telah merosot untuk tahun ketiga berturut-turut, hingga ke level lebih dari satu dasawarsa silam.

Asosiasi Produsen Peralatan Rumah Tangga menyatakan peralatan boros listrik seperti kulkas, mesin cuci, mesin pengering, mesin pemanas air dan penyejuk ruangan (AC) kini menggunakan energi lebih sedikit. Faktor lainnya adalah turunnya harga jendela berisolasi dan bahan bangunan lainnya yang mengurangi pemborosan energi.

Menurut Asosiasi tersebut, sebagian TV LED ada yang hemat energi hingga 80 persen dibandingkan dengan perangkat televisi tabung yang menggunakan sinar katoda.

Peralatan komputer yang mudah dibawa-bawa juga membantu menghemat biaya. Electric Power Research Institute mengatakan biaya energi listrik bagi sebuah iPad hanya 1,36 dolar per tahun, sementara untuk komputer meja mungkin hampir 30 dolar per tahun.

Sementara bohlam LED berangsur-angsur menggantikan bohlam biasa, Departemen Energi Amerika menyatakan bohlam LED dapat membantu menghemat energi sebanyak produksi yang dihasilkan 44 pembangkit listrik besar sebelum tahun 2027.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG