Tautan-tautan Akses

Konsumen Khawatir Info Keuangan Dicuri


Seorang konsumen berjalan melewati iklan kartu MasterCard di toko Sam's Club di Bentonville, Ark., 4 Juni 2015.

Seorang konsumen berjalan melewati iklan kartu MasterCard di toko Sam's Club di Bentonville, Ark., 4 Juni 2015.

Keamanan informasi keuangan sangat penting bagi banyak orang, namun mereka tidak melakukan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk melindungi informasi mereka, menurut sebuah survei yang baru-baru ini dilakukan.

Menurut survei telepon yang dilakukan oleh MasterCard, 77 persen dari 1.000 orang yang disurvei mengatakan mereka khawatir tentang informasi keuangan yang disalahgunakan. Dan jumlah yang sama juga mengatakan mereka khawatir Social Security Number mereka tetap aman.

Kekhawatiran ini lebih tinggi daripada kekhawatiran menjadi korban kejahatan lainnya. Enam puluh dua persen orang yang disurvei mengatakan mereka khawatir e-mail mereka diretas, sementara 59 persen mengatakan mereka khawatir rumah mereka dirampok.

Dan kalau mereka harus membuat pilihan, 55 persen orang yang disurvei mengatakan mereka lebih memilih foto telanjang mereka dicuri dan dimuat di internet daripada informasi keuangan mereka yang dicuri.

Tapi di saat yang sama, kurang dari separuh orang yang disurvei mengakui melakukan hal-hal yang dianggap tidak 'sehat' untuk password atau kata sandi yang digunakan untuk semua akun internet mereka. Empat puluh enam persen orang yang disurvei mengatakan mereka jarang atau bahkan tidak pernah mengganti password untuk akun-akun keuangan mereka, sementara 44 persen mengatakan mereka menggunakan password yang sama untuk beberapa akun.

Selain itu, 39 persen mengatakan mereka menggunakan jaringan umum untuk mengakses informasi keuangan mereka, menurut survei yang dilakukan antara 8 Mei sampai 12 Mei.

Para ahli mengatakan kebiasaan seperti itu menjadikan seseorang lebih mudah menjadi target bagi para peretas. Semakin lama password digunakan, semakin besar kemungkinan mudah ditebak atau dicuri.

Sementara itu, menggunakan password yang sama untuk beberapa akun bisa menyebabkan lebih banyak akun yang disalahgunakan bila password tersebut diketahui. Dan mengakses informasi keuangan melalui jaringan umum, seperti Wi-Fi di kedai kopi, memungkinkan orang jahat yang juga menggunakan jaringan tersebut, mengakses informasi.

Di sisi positif, 77 persen mengatakan mereka optimis bahwa teknologi pembayaran baru membawa dampak positif bagi keamanan pribadi mereka dan 77 persen juga yakin saat ini sudah ada cara-cara yang lebih aman untuk membayar.

XS
SM
MD
LG