Tautan-tautan Akses

Konstruksi Menara Pembangkit Listrik Ambruk di China, 67 Tewas


Regu penyelamat melakukan pencarian korban di lokasi robohnya konstruksi menara pendingin instalasi pembangkit listrik di Fengceng, provinsi Jiangxi, China, 24 November 2016 (Foto: dok).

Regu penyelamat melakukan pencarian korban di lokasi robohnya konstruksi menara pendingin instalasi pembangkit listrik di Fengceng, provinsi Jiangxi, China, 24 November 2016 (Foto: dok).

Dalam beberapa tahun terakhir, serangkaian kecelakaan di bidang industri terjadi di China. Banyak pihak yang mengatakan hal itu terjadi karena korupsi atas bangunan dan fasilitas lainnya sehingga mengabaikan keselamatan.

Jumlah korban tewas akibat robohnya konstruksi menara pendingin instalasi pembangkit listrik di Fengceng, China, bertambah. Pihak berwenang melaporkan saat ini 67 orang telah dinyatakan tewas akibat insiden yang terjadi Kamis pagi waktu setempat.

Para pejabat setempat mengatakan, hampir seluruh pekerja konstruksi dikhawatirkan tewas. Setidaknya, ketika menara tersebut tiba-tiba ambruk, 70 orang pekerja dilaporkan berada di lokasi kejadian.

Para petugas penyelamat melakukan pencarian korban dengan bantuan anjing pelacak. Penggalian puing-puing juga dilakukan dengan tangan kosong. Di lokasi kejadian terlihat sisa benda-benda konstruksi seperti pipa besi, baja, dan papan kayu berserakan.

Dalam beberapa tahun terakhir, serangkaian kecelakaan di bidang industri terjadi di China. Banyak pihak yang mengatakan hal itu terjadi karena korupsi atas bangunan dan fasilitas lainnya sehingga mengabaikan keselamatan. Selain itu, tekanan untuk meningkatkan produksi di tengah pertumbuhan ekonomi yang melambat membuat faktor keamanan tidak diprioritaskan.

Salah satu bencana terburuk di China adalah meledaknya gudang kimia ilegal di pelabuhan Tianjin tahun lalu. Sebanyak 173 orang dilaporkan tewas, kebanyakan adalah petugas pemadam kebakaran dan polisi.

Perdana Menteri China Li Keqiang sudah memerintahkan penyelidikan dan mendesak agar mereka yang bertanggung jawab segera diseret ke muka hukum. Kantor berita resmi pemerintah China, Xinhua, tidak menjelaskan tipe fasilitas pembangkit listrik yang runtuh, namun laporan-laporan sebelumnya menyatakan bahwa fasilitas tersebut memproduksi listrik dari batu bara. [ab/uh]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG