Tautan-tautan Akses

Konsorsium Eropa Tolak Jalur Pipa Minyak Nabucco


“Gazprom” Rusia telah memulai pembangunan South Strem, sebuah jalur pipa sepanjang 2.500 kilometer di Eropa (foto: dok).

“Gazprom” Rusia telah memulai pembangunan South Strem, sebuah jalur pipa sepanjang 2.500 kilometer di Eropa (foto: dok).

Jalur pipa Nabucco West seyogyanya dipasang dari perbatasan Turki-Bulgaria hingga ke Austria melalui Bulgaria, Romania dan Hungaria.

Sebuah konsorsium yang dipimpin Austria yang berharap membangun pipa sepanjang 1.300 kilometer untuk mengirim gas alam Azerbaijan dari Laut Kaspia ke Eropa, mengatakan bahwa rencananya itu telah ditolak.

Konsorsium yang dipimpin oleh perusahaan energi Austria “OMV” dalam sebuah pernyataan hari Rabu mengatakan konsorsium Shah Deniz II dari Azerbaijan telah memberitahu bahwa pipa Nabucco West yang diusulkan itu tidak terpilih.

Jalur pipa Nabucco West seyogyanya dipasang dari perbatasan Turki-Bulgaria hingga ke Austria melalui Bulgaria, Romania dan Hungaria, akan bisa mengurangi ketergantungan Eropa pada pasokan gas Rusia.

Konsorsium Shah Deniz II – yang merupakan gabungan perusahaan minya negara Azerbaijan “SOCAR”, perusahaan minyak Norwegia “Statoil” dan perusahaan minyak Perancis “Total” – mengatakan telah memilih “Trans Adriatic Pipeline” atau “TAP” untuk proyek itu. “TAP” menawarkan jalur pipa sepanjang 800 kilometer yang akan dipasang melalui Yunani dan Albania, menyebrangi Laut Adriatic menuju ke Italia Selatan.

“Gazprom” yang memonopoli gas Rusia telah memulai pembangunan South Strem – sebuah jalur pipa sepanjang 2.500 kilometer dari Rusia menuju Italia Utara, melalui Bulgaria, Serbia, Hungaria dan Slovenia.
XS
SM
MD
LG