Tautan-tautan Akses

Konservatif Terpilih Kembali tetapi Kehilangan Mayoritas di Swedia


Perdana Menteri Swedia Fredrik Reinfeldt mengatakan bersedia untuk memimpin pemerintahan minoritas dan berencana meminta dukungan dari Partai Hijau.

Perdana Menteri Swedia Fredrik Reinfeldt mengatakan bersedia untuk memimpin pemerintahan minoritas dan berencana meminta dukungan dari Partai Hijau.

Koalisi kanan-tengah Perdana Menteri Reinfeldt memenangkan 173 kursi dari 349 kursi di parlemen, kurang sedikit dari mayoritas.

Pemerintah berkuasa Swedia yang beraliran kanan-tengah terpilih kembali tapi kehilangan mayoritas di parlemen setelah partai anti-imigrasi memperoleh kursi untuk pertama kalinya.

Dengan hampir seluruh suara dihitung pada pemilu pada hari Minggu, koalisi Perdana Menteri Fredrik Reinfeldt koalisi kanan-tengah memenangkan 173 kursi dari 349 kursi di parlemen, kurang sedikit dari mayoritas. Sementara itu, pihak oposisi sayap kiri yang dipimpin oleh Sosial Demokrat meraih 156 kursi.

Reinfeldt mengatakan ia bersedia untuk memimpin pemerintahan minoritas dan berencana meminta dukungan dari Partai Hijau. Koalisi PM Renfieldt mengatakan ingin menghindari ketergantungan pada Partai Demokrat Swedia, yakni partai anti-imigrasi beraliran kanan-luar yang memenangkan 20 kursi dan untuk pertama kalinya memiliki wakil di parlemen.

Jika hasil awal tidak berubah, pemerintahan Reinfeldt akan menjadi pemerintah konservatif pertama yang terpilih kembali di Swedia selama hampir 100 tahun.

XS
SM
MD
LG