Tautan-tautan Akses

Koalisi Konservatif Diperkirakan Menang Tipis Pemilu Australia


Koalisi Nasional Liberal pimpinan PM Malcolm Turnbull berada di jalur untuk memenangkan 73 kursi di DPR Australia (foto: dok).

Koalisi Nasional Liberal pimpinan PM Malcolm Turnbull berada di jalur untuk memenangkan 73 kursi di DPR Australia (foto: dok).

Pemerintah konservatif yang berkuasa di Australia semakin dekat untuk memegang kekuasaan dengan mayoritas tipis, setelah pemilihan parlemen yang di luar dugaan berakhir sangat ketat.

Sebuah analisis oleh Australian Broadcasting Corporation (ABC) mengatakan, Koalisi Nasional Liberal Perdana Menteri, Malcolm Turnbull berada di jalur untuk memenangkan 73 kursi di DPR, kurang tiga kursi lagi dari jumlah yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan mayoritas.

Turnbull memperkecil selisih itu hari Kamis (7/7) setelah melawat ke Brisbane dan mendapatkan janji dari anggota parlemen dari golongan independen Bob Katter untuk mendukung koalisi.

Katter berbicara dengan para wartawan setelah pertemuan itu dan menunjukkan dukungannya memenuhi syarat.

"Sekarang, kami mengumumkan dukungan kami pada pemerintah Turnbull. Saya melakukannya tanpa antusias luar biasa. Hubungan saya yang sangat erat dengan orang-orang seperti anggota parlemen dari partai buruh, Anthony Albanese dan Mantan Menteri Wayne Swan yang telah mendatangkan manfaat besar bagi Australia. Saya tidak berniat merusak hubungan persahabatan dan saya tetap mempertahankan hak saya untuk bergeser tepat pada waktunya ke arah lain," ujar Katter.

Media Australia melaporkan Partai Buruh yang beroposisi memenangkan 66 kursi, sedang empat independen dan calon satu partai kecil telah terpilih. Enam kursi lainnya masih belum diketahui.

Pemimpin Partai Buruh Bill Shorten mengakui bahwa Perdana Menteri Turnbull akan kembali ke memegang jabatan, tetapi "dengan otoritas yang berkurang, mandat yang berkurang dan partai politik yang sangat terpecah ."

Kebuntuan dari pemungutan suara hari Sabtu lalu telah menyebabkan lembaga peringkat global Standard And Poor’s menurunkan peringkat kredit didambakan AAA Australia dari "stabil" menjadi "negatif." [sp]

XS
SM
MD
LG