Tautan-tautan Akses

Konser Musik Pop Korea Dibanjiri Ribuan Penggemar Jepang


Kelompok K-Pop SISTAR dalam konferensi pers sebelum konser mereka "M Countdown" di Saitama Super Arena di Saitama (22/4). (AFP/Toshifumi Kitamura)

Kelompok K-Pop SISTAR dalam konferensi pers sebelum konser mereka "M Countdown" di Saitama Super Arena di Saitama (22/4). (AFP/Toshifumi Kitamura)

Acara musik diperluas menjadi pameran budaya dan ekonomi, dengan puluhan perusahaan Korea Selatan membangun bilik untuk memamerkan makanan dan produk-produk lain di luar tempat konser pekan lalu.

Ribuan penggemar muncul dekat Tokyo untuk melihat bintang-bintang K-pop favorit mereka, menunjukkan betapa populernya musik pop Korea Selatan di Jepang meski hubungan kedua negara dingin.

Kelompok-kelompok seperti INFINITE, Block B, GOT7, Supernova dan SISTAR termasuk mereka yang tampil dalam gedung Saitama Super Arena untuk konser "M Countdown".

Para penyelenggara memperluas acara musik itu menjadi pameran budaya dan ekonomi, dengan puluhan perusahaan Korea Selatan membangun bilik untuk memamerkan makanan dan produk-produk lain di luar tempat konser pekan lalu.

"Saya kita mereka sangat peduli pada kita. Saya dapat merasakannya," ujar penggemar Supernova, Koyori Watanabe, 30, mengenai bintang-bintang K-pop tersebut.

Musik pop dari Korea Selatan telah merangsek pasar musik Jepang, kedua terbesar di dunia setelah Amerika Serikat, dalam lima tahun terakhir.

Struktur pasar musik Korea Selatan yang relatif kecil berarti para penyanyi, dikenal dengan citra mereka yang keren dan muda serta koreografi tari yang khas, mencari kesuksesan di luar negeri.

Rapper Psy dengan lagunya "Gangnam Style, yang menjadi hit global YouTube pada 2012, memicu ketertarikan internasional untuk penyanyi-penyanyi Korea lainnya, yang ingin mengikutinya ke kancah musik pop arus utama dunia.

"Sejak debut kami, kami telah menampilkan karakter yang sangat jelas yaitu energik, sehat dan sangat lincah. Kami ingin terus seperti itu," ujar Dasom dari kelompok perempuan SISTAR.

Hubungan antara Seoul dan Tokyo telah mendingin karena Korea Selatan melihat keengganan para pemimpin Jepang untuk mengakui kesalahan negara mereka di zaman perang.

XS
SM
MD
LG