Tautan-tautan Akses

AS

Kongres AS Usul Pembentukan Komisi Urusan Keamanan dan Privasi Dunia Digital


Anggota Kongres AS dari partai Republik, Michael McCaul (foto: dok).

Anggota Kongres AS dari partai Republik, Michael McCaul (foto: dok).

Pemimpin Kongres AS mengusulkan pembentukan komisi nasional untuk mengurusi keamanan dan privasi di dunia digital.

Pemimpin-pemimpin dua komite utama di Kongres Amerika yang terlibat dalam urusan keamanan nasional hari Rabu (24/2) mengusulkan pembentukan komisi nasional untuk mengurusi beberapa isu yang saling bertolakbelakang terkait keamanan dan privasi di dunia digital.

Anggota fraksi Republik dari negara bagian Texas Michael McCaul yang mengepalai Komite Keamanan Dalam Negeri DPR dan angota fraksi Demokrat dari negara bagian Virginia Senator Mark Warner yang memimpin Komite Inteljen Senat mengatakan pembentukan “Komisi Keamanan Digital McCaul-Warner” yang bipartisan itu akan – dalam bahasa keduanya – “menyatukan pakar-pakar untuk memahami kerumitan dan resiko mengembangkan rekomendasi-rekomendasi yang layak tentang bagaimana menyeimbangkan prioritas keamanan digital yang kompetitif."

Dalam diskusi di Bipartisan Policy Center di Washington, McCaul mengatakan “komisi ini sejenis komisi 911 untuk menanggapi tantangan terbesar dalam penegakkan hukum federal yang pernah saya lihat seumur hidup”.

Ditambahkannya “jika Anda tidak bisa mengetahui apa yang dikatakan teroris, berarti Anda memiliki masalah keamanan yang sangat genting."

Usul ini dibuat selama beberapa bulan, tetapi baru disampaikan ketika isu privasi digital dan keamanan nasional menjadi pusat perhatian dalam perselisihan hukum antara Apple dan FBI.

Apple dan FBI telah berselisih setelah seorang hakim distrik Amerika mengeluarkan perintah memaksa Apple untuk membantu FBI memecahkan bahasa sandi dalam iPhone yang sebelumnya digunakan oleh salah seorang dari dua penembak dalam serangan teror di San Bernardino – California 2 Desember lalu. CEO Apple Tim Cook sejauh ini menolak mematuhi perintah pengadilan itu. [em]

XS
SM
MD
LG