Tautan-tautan Akses

Kongres AS: Tiongkok Jangan Pulangkan Pengungsi Korea Utara


Anggota DPR AS dari Partai Republik, Chris Smith (Foto: dok).

Anggota DPR AS dari Partai Republik, Chris Smith (Foto: dok).

Para anggota Kongres Amerika memberi dukungan para pembelot Korea Utara dengan menghimbau Tiongkok agar tidak mengembalikan para pengungsi dari Korea Utara ke negara mereka.

Komisi Eksekutif Kongres Amerika mengenai Tiongkok mengadakan sidang hari Senin untuk menekankan mendesaknya keadaan puluhan warga Korea Utara yang baru-baru ini melarikan diri ke wilayah Tiongkok.

Anggota DPR Chris Smith, seorang Republik dari New Jersey dan ketua komisi itu mengatakan bahwa dalam beberapa minggu ini pihak berwenang Tiongkok telah menahan kemungkinan lebih dari 40 warga Korea Utara yang telah melarikan diri ke Tiongkok.

Menurut Chris Smith, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah mengancam akan membunuh tiga generasi setiap keluarga yang seorang dari anggotanya tertangkap membelot dari Korea Utara dalam masa berkabung 100 hari untuk ayahnya, mendiang penguasa Kim Jong Il.

Pembelot Korea Utara Han Songhwa memberi kesaksian di hadapan komisi itu hari Senin, dengan mengatakan keinginan satu-satunya yang mendorongnya melarikan diri adalah untuk memberi makan anak-anaknya.

Han Songhwa mengatakan dia dengan paksa dipulangkan ke Korea Utara empat kali sebelum dia berhasil lolos ke luar negeri. Dia mengatakan pembelot yang dipulangkan harus hidup seperti binatang di kamp penjara Korea Utara untuk bertahan hidup.

XS
SM
MD
LG