Tautan-tautan Akses

Kongres AS Setujui Tiga Perjanjian Perdagangan Bebas


Kongres Amerika menyetujui perdagangan bebas dengan Korea Selatan, Panama dan Kolombia (foto:ilustrasi).

Kongres Amerika menyetujui perdagangan bebas dengan Korea Selatan, Panama dan Kolombia (foto:ilustrasi).

Kongres Amerika menyetujui perjanjian perdagangan bebas dengan Korea Selatan, Panama dan Kolombia yang sudah dirundingkan sejak hampir lima tahun yang lalu.

Kongres Amerika telah menyetujui perjanjian perdagangan bebas yang menurut para pendukungnya akan meningkatkan 13 milyar dolar ekspor Amerika setiap tahun.

DPR dengan selisih suara yang besar hari Rabu menyetujui perdagangan bebas dengan Korea Selatan, Panama dan Kolombia. Senat juga dengan suara besar menyetujui perjanjian perdagangan bebas itu.

Ketiga perjanjian itu semula dirundingkan hampir 5 tahun lalu, pada masa pemerintahan George W. Bush. Ketiga perjanjian itu diratifikasi dengan dukungan kedua fraksi, walaupun sebagian anggota fraksi Demokrat menentangnya, dengan alasan keprihatinan hak azasi manusia dan kekhawatiran lapangan pekerjaan Amerika dapat pindah ke luar negeri.

Presiden Barack Obama mengatakan rancangan tersebut adalah kemenangan bebas bagi pekerja dan perusahaan-perusahaan Amerika. Ia mengatakan perjanjian itu akan meningkatkan ekspor, mendukung pekerjaan bergaji besar, dan melindungi lingkungan, hak pekerja, dan hak harta intelektual.

Perjanjian itu menghadapi tentangan dari fraksi Demokrat setelah Presiden Obama memangku jabatan. Pemerintahannya merundingkan kembali persetujuan itu setelah fraksi Demokrat menyatakan keprihatinan mengenai sejarah kekerasan terhadap para aktivis buruh di Kolombia, dan tuduhan pencucian uang di Panama. Persetujuan Korea Selatan ditahan oleh keprihatinan mengenai pembukaan pasar mobil Korea Selatan bagi ekspor mobil Amerika.

Persetujuan dengan Korea Selatan itu adalah persetujuan perdagangan terbesar Amerika sejak Persetujuan Perdagangan Bebas Amerika Utara tahun 1995 dengan Meksiko dan Kanada.

XS
SM
MD
LG