Tautan-tautan Akses

Kongres AS Pertimbangkan Sanksi atas Manipulasi Yuan


Anggota Kongres Amerika Tim Ryan tampil dalam sebuah talk show VOA dalam bahasa Mandarin.

Anggota Kongres Amerika Tim Ryan tampil dalam sebuah talk show VOA dalam bahasa Mandarin.

Kongres AS kembali mempertimbangkan usulan mengenakan bea impor atas barang-barang Tiongkok, atau ganjaran lain atas manipulasi mata uang oleh Tiongkok.

Para anggota Kongres Amerika sedang mempertimbangkan lagi usulan untuk menggunakan bea impor atas barang-barang Tiongkok atau tindakan lain untuk mendorong Tiongkok menghentikan apa yang disebut sebagian kalangan sebagai manipulasi mata uang Tiongkok, yuan.

Dalam sidang hari pertama pada hari Rabu, Anggota Kongres AS Tim Ryan mengatakan kepada Komisi Anggaran bahwa nilai mata uang Tiongkok sengaja direndahkan sampai 40 persen, kebijakan yang membuat barang-barang buatan Tiongkok sangat murah di pasaran. Ryan mengatakan rancangan undang-undang dibutuhkan untuk mendatangkan tekanan kuat terhadap Tiongkok agar mengubah kebijakannya.

Tetapi, seorang anggota Kongres dari negara bagian Kansas yang mengekspor milyaran dolar produk pertanian ke Tiongkok, mendesak rekan-rekannya agar terlebih dahulu memastikan setiap tindakan tidak merugikan ekonomi Amerika. Anggota Kongres tersebut, Lynn Jenkins, mengatakan ekspor pertanian ke Tiongkok sedang meningkat dan mendukung ratusan ribu pekerjaan di Amerika Serikat.

Menteri Keuangan Amerika Timothy Geithner akan memberi keterangan mengenai masalah mata uang Tiongkok ini di hadapan komisi Kongres hari ini, Kamis, waktu setempat.

XS
SM
MD
LG