Tautan-tautan Akses

Kongres AS Perdebatkan Rencana Penghentian Siaran VOA Mandarin


The Broadcasting Board of Governors – organisasi yang memayungi VOA – melakukan upaya efisiensi dalam operasi siaran VOA saat ini.

The Broadcasting Board of Governors – organisasi yang memayungi VOA – melakukan upaya efisiensi dalam operasi siaran VOA saat ini.

Ini merupakan bagian dari usulan anggaran lembaga penyiaran internasional milik pemerintah AS untuk tahun mendatang.

Sebuah perdebatan kemungkinan sedang bergejolak di Kongres Amerika seputar rencana pengumuman pekan ini untuk mengakhiri siaran gelombang pendek VOA ke Tiongkok.

Para tokoh konservatif yang berpengaruh telah menyatakan menentang rencana, yang akan memindahkan seluruh siaran VOA berbahasa Mandarin ke internet. Selain itu, seorang anggota Partai Demokrat di Kongres memberitahu VOA hari Rabu, ia akan menghimbau ketua DPR untuk memblokir rencana itu.

Usulan tersebut merupakan bagian dari usulan anggaran lembaga penyiaran internasional milik pemerintah Amerika untuk tahun mendatang, yang juga meliputi penghentian siaran VOA berbahasa Kanton dan Kroasia.

The Broadcasting Board of Governors – organisasi yang memayungi VOA – mengatakan pihaknya sudah menerapkan “sebuah pembiayaan yang efektif dan strategi pada pasar khusus” yang juga melibatkan perbaikan jaringan transmisi VOA sedunia dan “melakukan efisiensi dalam operasi saat ini”.

Namun demikian para pengecam usulan tersebut mengatakan, terlalu dini bagi VOA untuk menghentikan siaran gelombang pendek ke Tiongkok pada saat Beijing kini membelanjakan trilyunan dolar untuk memperluas kemampuan penyiaran internasional mereka sendiri.

Mereka juga mempertanyakan logika strategi “semua lewat situs internet” ketika Tiongkok memberlakukan sensor internet yang paling efektif lewat apa yang disebut sebagai Great Firewall.

XS
SM
MD
LG