Tautan-tautan Akses

AS

Kongres AS Mulai Bahas Kompromi Anggaran Jangka Panjang


Kongres Amerika mulai membahas penyelesaian perbedaan mengenai anggaran (Foto:dok).

Kongres Amerika mulai membahas penyelesaian perbedaan mengenai anggaran (Foto:dok).

Kongres Amerika bergerak dari krisis penutupan pemerintah ke pembicaraan yang bertujuan untuk menyelesaikan perbedaan mendalam mengenai anggaran antara fraksi Demokrat dan fraksi Republik.

Sebuah panel Kongres telah bertemu untuk membicarakan masalah seperti besarnya pemerintah dan tingkat pajak federal. Pembicaraan itu dimandatkan oleh RUU hasil kompromi yang mengakhiri penutupan federal minggu ini.

Panel yang memulai kerjanya hari Kamis (18/10), dijadwalkan akan menghasilkan kompromi rencana anggaran sebelum tanggal 13 Desember.

Juga hari Kamis, Presiden Amerika Barack Obama mengatakan “tidak ada pemenang” dalam RUU yang disetujui Kongres untuk mendanai pemerintah dan menghindari kemungkinan Amerika gagal membayar utang.

Berbicara hari Kamis di Gedung Putih, Obama mengatakan kebuntuan yang memicu 16 hari penutupan parsial pemerintah telah sepenuhnya menimbulkan kerugian yang tidak perlu pada ekonomi Amerika.

Ia mengatakan rakyat Amerika sudah muak dengan Washington, dan sudah saatnya mendapatkan kembali kepercayaan mereka.

Ribuan pegawai federal Amerika telah kembali bekerja, setelah Kongres menyetujui rancangan undang-undang hasil kompromi Rabu malam untuk mendanai pemerintah. Obama segera menandatangani RUU itu menjadi undang-undang.

Undang-undang itu memungkinkan pemerintah terus beroperasi sampai setidaknya tanggal 15 Januari dan menaikkan plafon utang untuk menghindari risiko gagal bayar sampai setidaknya tanggal 7 Februari.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG