Tautan-tautan Akses

AS

Kongres AS Masih Terpecah soal Anggaran Pemerintah

  • Michael Bowman

Senator Ted Cruz dari Partai Republik (kanan) menyalami para demonstran yang menentang pendanaan bagi Obamacare (10/9).

Senator Ted Cruz dari Partai Republik (kanan) menyalami para demonstran yang menentang pendanaan bagi Obamacare (10/9).

Hampir seminggu sebelum pemerintah federal Amerika terancam tutup, usaha untuk memperluas anggaran pemerintah federal masih juga belum mendekati kesepakatan di Kongres AS.

Hampir seminggu sebelum pemerintah federal Amerika terancam tutup, usaha untuk memperluas otorita pengeluaran pemerintah federal masih juga belum berhasil karena Kongres yang terpecah secara politik berselisih mengenai undang-undang asuransi kesehatan yang disahkan oleh Presiden Barack Obama.

Minggu lalu, DPR yang dikuasai Partai Republik memutuskan untuk tetap mendanai operasi pemerintah federal, sampai bulan Desember namun menahan pendanaan Undang-Undang Layanan Kesehatan terjangkau, yang dikenal umum sebagai "Obamacare". Sekarang perdebatan ada dalam Senat, di mana anggota Republik dari Texas, Ted Cruz berjanji untuk mempertahankan keputusan DPR itu.

Cruz berbicara dalam program televisi FOX News, hari Minggu, mengatakan, "Saya berpendapat bahwa anggota Partai Republik dalam Senat akan sejalan dengan Ketua DPR John Boehner dan anggota DPR Republik, mendengarkan suara rakyat dan menghentikan bencana yang disebut Obamacare ini."

Kelompok Demokrat yang menguasai Senat mengatakan mereka tidak akan meloloskan undang-undang apapun yang tidak memperhitungkan pendanaan untuk Undang-Udang Layanan Kesehatan Terjangkau. Tampil dalam acara NBC's Meet the Press , Senator Amy Klobuchar menuduh pihak Republik membahayakan ekonomi nasional hanya demi tujuan politik yang sempit.

"Hal terakhir yang diinginkan rakyat Amerika sekarang adalah permainan politik yang mengancam ditutupnya pemerintah federal atau gagal membayar hutang," kata Klobuchar.

Namun beberapa senator Republik yang menentang penerapan Obamacare mengatakan mereka tidak akan dapat menerapkan keinginan mereka itu. Senator Tom Coburn berbicara dalam program CBS, Face the Nation.

"Kami tidak memiliki kemampuan menghentikan sepenuhnya pendanaan Obamacare. Sungguh indah bila kami dapat melakukan hal itu. Taktik dan strategi seharusnya berdasarkan realitas. Tetapi kami tidak memiliki kekuatan politik untuk melakukan hal ini," ujar Coburn.

Undang-undang Layanan Kesehatan Terjangkau bertujuan untuk meningkatkan jumlah warga Amerika yang memiliki asuransi kesehatan . Bagian-bagian penting dalam undang-undang ini akan mulai berlaku bulan depan.

Poling menunjukkan sebagian besar rakyat Amerika memandang Obamacare secara negatif, namun juga menunjukkan jumlah lebih besar yang menentang ditutupnya pemerintah federal. Apabila DPR dan Senat tidak sepakat memperluas otorita anggaran belanja federal, maka penutupan sebagian instansi pemerintah federal akan dimulai tanggal 1 Oktober.
XS
SM
MD
LG