Tautan-tautan Akses

Kongres AS Larang Tahanan Guantamo Dibawa ke Wilayah AS


Kongres AS memberlakukan larangan membawa tahanan Guantanamo ke wilayah AS hingga tanggal 30 September 2011.

Kongres AS memberlakukan larangan membawa tahanan Guantanamo ke wilayah AS hingga tanggal 30 September 2011.

Presiden Obama mengatakan akan meminta Kongres AS agar mencabut pasal-pasal pembatasan mengenai tahanan Guantanamo.

Presiden Amerika Barack Obama telah menanda-tangani rancangan pembiayaan pertahanan, walaupun ia menentang keras pasal-pasalnya yang menghambat pemerintah membawa para tersangka teroris yang ditahan di Teluk Guantanamo ke Amerika Serikat untuk diadili di pengadilan federal.

Dalam pernyataan hari Jumat, Obama mengatakan pembatasan itu, katanya, “merongrong usaha kontra-terorisme negara kita.” Ia mengatakan ia menanda-tangani rancangan itu karena rancangan tersebut mengandung pendanaan yang penting bagi usaha militer kita.

Tetapi, Obama mengatakan ia akan meminta kepada Kongres agar mencabut pasal-pasal mengenai tahanan Guantanamo. Dan ia mengatakan ia akan menentang setiap usaha untuk memperpanjang pembatasan itu ketika pasal-pasal tersebut habis masa berlakunya pada akhir tahun keuangan 2011, tanggal 30 September.

Pembatasan baru itu melarang presiden memindahkan tahanan dari Teluk Guantanamo ke wilayah Amerika untuk diadili di pengadilan sipil, dan melarang pemindahan tahanan ke negara-negara asing tanpa persetujuan menteri pertahanan.

XS
SM
MD
LG