Tautan-tautan Akses

Kongres AS Buka Sidang Dengar Keterangan Pemboman Boston


Mantan Senator AS Joseph Lieberman (tengah) mendesak agar informasi intelijen soal kemungkinan ancaman dibagi kepada polisi lokal (foto: dok).

Mantan Senator AS Joseph Lieberman (tengah) mendesak agar informasi intelijen soal kemungkinan ancaman dibagi kepada polisi lokal (foto: dok).

Mantan Senator Joseph Lieberman mendesak agar lebih banyak informasi soal ancaman dibagi bersama dengan kepolisian negara bagian dan lokal.

Ketua Komite Keamanan Dalam Negeri DPR Amerika menyatakan tidak jelas apakah pengeboman Boston diatur dari luar negeri, tetapi ia mengatakan kejadian itu diilhami dari luar negeri.

Anggota faksi Republik di Kongres Mike McCaul mengatakan ia khawatir para pelaku pengeboman Boston kemungkinan akan berhasil karena “sistem kita gagal.” McCaul membuka penyelidikan Kongres pertama mengenai serangan-serangan itu, Kamis.

Komisaris Kepolisian Boston Edward Davis mengatakan kepada panel di Kongres itu bahwa ia seharusnya diberitahu pihak berwenang Rusia yang memperingatkan FBI bahwa tersangka pelaku pengeboman Tamerlan Tsarnaev adalah seorang ekstremis radikal sebelum serangan 15 April itu.

Mantan Senator Joseph Lieberman mengatakan kepada para legislator bahwa seharusnya lebih banyak lagi informasi mengenai ancaman yang dibagi bersama dengan kepolisian negara bagian dan lokal, yang ia sebut sebagai barisan pertahanan pertama.

Komisaris Davis menginginkan penggunaan lebih banyak lagi kamera-kamera pengintai dan teknologi lainnya, serta unit-unit polisi khusus serta lebih banyak petugas yang menyamar sebagai cara untuk menyiapkan keamanan yang lebih ketat. Tetapi ia mengatakan kepada komite itu bahwa privasi publik juga harus dilindungi.
XS
SM
MD
LG