Tautan-tautan Akses

AS

Kongres AS Belum Adakan Voting Sanksi atas Iran


Senator AS Bob Corker menjelaskan kepada media setelah pertemuan dengan Presiden Obama di Gedung Putih (19/11).

Senator AS Bob Corker menjelaskan kepada media setelah pertemuan dengan Presiden Obama di Gedung Putih (19/11).

Kongres AS tidak akan mengadakan voting mengenai sanksi-sanksi ekonomi baru atas Iran sementara perundingan internasional terus berlanjut.

Seorang senator senior Amerika mengatakan Kongres Amerika tidak akan mengadakan voting mengenai sanksi-sanksi ekonomi baru atas Iran sementara perundingan internasional guna mengekang program nuklirnya terus berlanjut.

Senator Bob Corker, yang berbicara kepada media setelah pertemuan di Gedung Putih hari Selasa (19/11), mengatakan tidak satupun RUU baru akan menjalani proses voting hingga sesudah hari libur Thanksgiving.

Corker dan beberapa tokoh utama komisi di Senat Amerika urusan perbankan, hubungan internasional, militer dan intelijen membahas isu itu Selasa pagi dengan Presiden Barack Obama.

Presiden Obama berbagi informasi terbaru dengan para senator itu mengenai perundingan di Jenewa antara Iran dan ke-enam negara berpengaruh – yang akan dimulai lagi hari Rabu – dan mendesak mereka agar membiarkan jalur diplomasi pemerintahannya berjalan sebagaimana mestinya.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Jen Psaki hari Senin mengatakan “tidak diragukan” berbagai dampak dari sanksi-sanksi saat inilah yang membuat Iran datang ke meja perundingan. Ia juga meminta waktu untuk melihat apa yang bisa dicapai lewat perundingan.

Ke-enam negara berpengaruh itu – Amerika, Inggris, Tiongkok, Perancis, Rusia dan Jerman – ingin Iran mengurangi pengayaan uraniumnya, sedangkan Iran ingin mendapat kelonggaran dari berbagai sanksi yang telah merugikan ekonominya.
XS
SM
MD
LG