Tautan-tautan Akses

AS

Kongres AS akan Bahas Kasus Tahanan HAM Vietnam, China


Geng He (kanan) isteri pengacara HAM China Gao Zhisheng (posternya terlihat di kiri) akan memberi kesaksian soal kasus suaminya kepada Komisi Kongres AS (foto: dok).

Geng He (kanan) isteri pengacara HAM China Gao Zhisheng (posternya terlihat di kiri) akan memberi kesaksian soal kasus suaminya kepada Komisi Kongres AS (foto: dok).

Komisi HAM Kongres AS mengadakan sidang dengar keterangan guna membahas penderitaan para tahanan HAM di seluruh dunia, termasuk Vietnam dan China.

Ibu seorang aktivis buruh Vietnam dan istri seorang pengacara HAM China yang ditahan adalah dua di antara sejumlah pihak yang akan memberi kesaksian minggu ini di depan sebuah komisi Kongres Amerika.

Sidang dengar keterangan hari Kamis (16/1) oleh Komisi HAM Tom Lantos akan membahas penderitaan orang-orang yang ditahan karena perbedaan pandangan dengan negara mereka di seluruh dunia, termasuk Vietnam dan China.

Tran Thi Ngoc Minh, ibu Do Thi Minh Hanh, akan ikut bersama aktivis dan pihak-pihak lainnya memberi kesaksian di depan Komisi Lantos, sebuah kaukus DPR Amerika.

Minh Hanh, seorang aktivis buruh berusia 28 tahun, tahun 2010 divonis tujuh tahun penjara karena menyebarkan brosur mendukung buruh yang menuntut perbaikan upah dan kondisi kerja.

Tran mengatakan kepada VOA siaran bahasa Vietnam putrinya sangat menderita dalam penjara, termasuk dipukuli karena menolak melakukan kerja paksa. Ia mengatakan kesehatan putrinya memburuk secara signifikan, tetapi pihak penjara terus menolak permintaan untuk perawatan.

Juga dijadwalkan memberi kesaksian hari Kamis adalah Geng He, istri pengacara HAM China Gao Zhisheng.
XS
SM
MD
LG