Tautan-tautan Akses

Kongo Bebas Ebola, Obat Baru Diuji Klinis


Perawat dari Kementerian Kesehatan Uganda memeriksa para penumpang yang tiba dari Republik Demokratik Kongo, Afrika Barat, di Kampala.

Perawat dari Kementerian Kesehatan Uganda memeriksa para penumpang yang tiba dari Republik Demokratik Kongo, Afrika Barat, di Kampala.

Menteri Kesehatan Kongo tetap mengingatkan negara itu belum sepenuhnya bebas dari ancaman virus tersebut.

Republik Demokratik Kongo (DRC) menyatakan diri bebas Ebola setelah sempat dilanda wabah Agustus lalu yang menelan hampir 50 korban jiwa.

Menteri Kesehatan DRC Felix Kabange Numbi menyatakan hal itu Sabtu (15/11), tetapi mengingatkan negara itu belum sepenuhnya bebas dari ancaman virus tersebut. Numbi mengatakan negara itu – yang dijangkiti varian virus Ebola yang berbeda dari di Guinea, Liberia dan Sierra Leone – masih bisa diserang varian tersebut.

Di London, bintang-bintang musik terkenal termasuk Bono dari band U2 dan grup vokal One Direction Sabtu merekam sebuah lagu lama untuk mengumpulkan dana guna memberantas Ebola.

Sekitar 30 musisi akan merekam ulang lagu “Do They Know It’s Christmas”, yang pertama kali dirilis 30 tahun lalu untuk menggalang dana bagi kelaparan di Ethiopia.

Kelompok bantuan medis Doctors Without Borders atau Dokter Tanpa Batas mengatakan bulan depan akan memulai uji coba klinis di Afrika Barat untuk tiga jenis pengobatan Ebola. Mereka berharap hasil awalnya akan diperoleh paling cepat Februari.

Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) Jumat melaporkan peningkatan jumlah korban tewas menjadi 5.177 dari 14.413 penderita Ebola yang terkonfirmasi diseluruh dunia. WHO mengatakan ada kenaikan tajam di Sierra Leone, termasuk 421 penderita baru dilaporkan minggu ini.

XS
SM
MD
LG