Tautan-tautan Akses

AS

Konfrontasi 6 Minggu di Bangunan Satwa Liar AS Berakhir


Pihak berwajib AS saat mengepung lokasi bangunan satwa liar di dekat Burns, Oregon (foto: dok).

Pihak berwajib AS saat mengepung lokasi bangunan satwa liar di dekat Burns, Oregon (foto: dok).

Konfrontasi selama 6 minggu di bangunan satwaliar nasional antara penegak hukum, penguasa, dan pemrotes anti-pemerintah di negara bagian Oregon, AS, berakhir Kamis (11/2),

Konfrontasi selama 6 minggu di bangunan satwaliar nasional antara penegak hukum, penguasa, dan pemrotes anti-pemerintah berakhir Kamis (11/2), dan empat pemrotes terakhir menyerahkan diri.

Dua laki-laki dan istri salah seorang dari mereka berjalan keluar dari bangunan di Malheur itu di sebuah daerah terpencil di Oregon.

Beberapa jam kemudian, pemrotes terakhir yang menolak seruan untuk meninggalkan tempat itu, juga menyerahkan diri.

Ke empat orang itu merupakan bagian dari kelompok lebih besar yang mengambil alih bangunan itu pada 2 Januari, dan menuntut pemerintah federal menyerahkan properti itu kepada penguasa lokal, dan dua petani yang dihukum karena melakukan pembakaran dibebaskan dari hukuman. Tetapi beberapa hari kemudian, petani itu secara damai kembali ke penjara sementara protes di bangunan satwa liar itu diteruskan.

Rabu sore penguasa menangkap seorang tokoh anti pemerintah Cliven Bundy, seorang petani Nevada yang pada 2014 memicu konfrontasi bersenjata dengan pejabat pemerintah sehubungan hak-hak menggembala di padang rumput milik pemerintah. Dia ditangkap di Portland, Oregon, dan sedang dalam perjalanan ke bangunan satwa liar itu, di mana putranya, Ammon Bundy, memimpin protes dan adalah salah satu orang yang ditangkap bulan lalu. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG