Tautan-tautan Akses

Konflik Suriah Timbulkan Kerugian 15 Miliar Dolar


Bangunan yang hancur akibat pertempuran di distrik Zamalka, pinggiran Damaskus (foto: dok).

Bangunan yang hancur akibat pertempuran di distrik Zamalka, pinggiran Damaskus (foto: dok).

Selain kerugian di sektor publik, kerugian terhadap sumberdaya manusia Suriah juga sangat besar, karena lebih dari satu juta orang melarikan diri dari negara itu.

Pertempuran akibat konflik selama lebih dari dua tahun di Suriah telah merusak sekitar 9 ribu bangunan pemerintah dan menimbulkan kerugian sekitar 15 miliar dolar pada sektor publik. Ini menyoroti dampak serius krisis terhadap ekonomi negara itu.

Perang saudara di Suriah telah merusak permukiman-permukiman di seantero negara itu, menghancurkan sebagian besar pusat perpabrikan dan prasarananya, serta menghentikan produksi dan ekspor minyak.

Kerugian terhadap sumberdaya manusia Suriah juga sangat besar, karena lebih dari satu juta orang melarikan diri dari negara itu, jutaan orang telantar di dalam negeri dan menurut perkiraan PBB, lebih dari 93 ribu orang tewas.

Menteri Pemerintahan Lokal Omar Al Ibrahim Ghalaounji dalam komentar yang dimuat di surat-surat kabar Suriah menyatakan kerugian bernilai 15 miliar dolar pada sektor publik itu muncul antara Maret 2011, ketika pemberontakan menentang Presiden Bashar al-Assad dimulai, hingga bulan Maret 2013.

Ia mengatakan kerugian itu terjadi akibat serangan-serangan teroris terhadap bangunan-bangunan pemerintah dan prasarana. Pemerintah kerap menyebut mereka yang berupaya menggulingkan Presiden Assad sebagai teroris.
XS
SM
MD
LG