Tautan-tautan Akses

Konferensi Suriah Perdebatkan Masa Depan Assad


PBB dan beberapa delegasi yang hadir pada konferensi perdamaian Suriah di Montreux, dekat Jenewa hari Rabu (22/1).

PBB dan beberapa delegasi yang hadir pada konferensi perdamaian Suriah di Montreux, dekat Jenewa hari Rabu (22/1).

Masa depan Presiden Suriah Bashar al-Assad menjadi perdebatan utama para delegasi dari lebih 30 negara, PBB dan perwakilan pemerintah dan oposisi Suriah di Swiss, Rabu (22/1).

Masa depan politik Presiden Suriah Bashar al-Assad telah menjadi isu yang menimbulkan perpecahan pendapat sementara delegasi dari 30 lebih negara, PBB dan pihak-pihak yang berperang di Suriah bertemu untuk mengikuti konferensi perdamaian yang telah lama ditunggu-tunggu di Montreux, dekat Jenewa, Swiss hari Rabu (22/1).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengritik tajam pemerintah Suriah, dengan mengatakan krisis negara itu dimulai sewaktu tentara menggunakan kekuatan yang meningkat terhadap demonstran damai.

Kerry mengatakan karena pemerintah dan oposisi berbeda pendapat mengenai nasib Assad, pemimpin Suriah itu tidak dapat menjadi bagian dari pemerintah transisi yang disepakati bersama.

Sementara, Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Moallem menyampaikan kepada Kerry bahwa hanya rakyat Suriah-lah yang memiliki hak untuk memilih Presiden mereka.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov juga menegaskan kembali sikap negaranya bahwa negara-negara lain seharusnya tidak mencampuri urusan dalam negeri Suriah.
XS
SM
MD
LG