Tautan-tautan Akses

Konferensi Suriah Bahas Pembebasan Tahanan dan Bantuan


Mediator PBB untuk perdamaian Suriah, Lakhdar Brahimi (tengah) tiba untuk menyampaikan keterangan pers di Jenewa, Swiss.

Mediator PBB untuk perdamaian Suriah, Lakhdar Brahimi (tengah) tiba untuk menyampaikan keterangan pers di Jenewa, Swiss.

Perundingan dini hari Minggu (26/1) di Jenewa, Swiss memusatkan perhatian pada pembebasan ribuan tahanan dari penjara-penjara Suriah.

Delegasi-delegasi pemerintah Suriah dan kelompok oposisi akan mengadakan pertemuan terpisah dengan mediator PBB Lakhdar Brahimi, setelah gagal menyepakati soal pembebasan tahanan dan usul konvoi bantuan.

Perundingan dini hari Minggu (26/1) di Jenewa, Swiss memusatkan perhatian pada pembebasan ribuan tahanan – termasuk perempuan, anak-anak dan lansia – dari penjara-penjara Suriah.

Kedua pihak juga membahas kemungkinan memperbolehkan konvoi kemanusiaan untuk mencapai kota Homs yang terkepung, yang sudah dibombardir oleh pasukan pemerintah selama lebih dari satu tahun.

Lakhdar Brahimi mengatakan keputusan tentang konvoi kemanusiaan itu dapat tercapai selambat-lambatnya hari Senin. Kelompok oposisi menuduh pemerintah mengulur-ulur waktu dan mengatakan belum ada kemajuan yang tercapai dalam perundingan itu.

Lakhdar Brahimi akan mengadakan pertemuan terpisah dengan kedua pihak Minggu sore.

Homs adalah salah satu kota terbesar di Suriah dan telah dihujani serangan oleh pasukan pemerintah untuk merebut kembali kontrol dari pasukan pemberontak.
XS
SM
MD
LG