Tautan-tautan Akses

Konferensi Donor Internasional Dimulai di Afghanistan


Menlu AS Hillary Clinton mengatakan konferensi itu akan menunjukkan kepemimpinan dan kepemilikan Afghanistan yang lebih besar.

Konferensi donor internasional telah dimulai di ibukota Afghanistan, Kabul, yang dihadiri para wakil dari kira-kira 60 negara dan organisasi.

Ribuan pasukan keamanan ditempatkan di seluruh Kabul untuk pertemuan itu, yang bertujuan untuk menunjukkan kemapuan Afghanistan menguasai keamanan dan pembangunan.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai bersama Sekertaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menjadi tuan-rumah bersama yang akan mengajukan himbauan di hadapan pertemuan itu akan persatuan rakyat Afghanistan.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton, yang tiba di Kabul hari Senin dari negara tetangganya, Pakistan, mengatakan konferensi itu akan menunjukkan kepemimpinan dan kepemilikan Afghanistan yang lebih besar.

Sebelum bertemu dengan Karzai hari Senin, Clinton mengatakan baik pemerintah Afghanistan maupun Amerika Serikat mempunyai peranan dalam melawan korupsi di Afghanistan.

Para pejabat Afghanistan juga diperkirakan akan memberi garis besar rincian program pemerintah yang bertujuan untuk menerima kembali lasykar Taliban yang bersedia meletakkan senjata mereka, mengharamkan al-Qaida dan menerima undang-undang dasar Afghanistan.

XS
SM
MD
LG