Tautan-tautan Akses

Kondisi Nelson Mandela Kritis


Tokoh Afrika Selatan, Nelson Mandela dilaporkan berada dalam kondisi 'kritis' (foto: dok).

Tokoh Afrika Selatan, Nelson Mandela dilaporkan berada dalam kondisi 'kritis' (foto: dok).

Pemerintah Afrika Selatan mengatakan kondisi pemimpin anti-apartheid Nelson Mandela 'kritis', dua minggu setelah ia dirawat akibat infeksi paru-paru.

Juru bicara kepresidenan Afrika Selatan, Mac Maharaj mengatakan tim dokter menginformasikan Presiden Jacob Zuma bahwa kesehatan Nelson Mandela terus memburuk dalam 24 jam terakhir ini.

Presiden Jacob Zuma mengetahui kondisi Mandela ini ketika menjenguknya Minggu malam di rumah sakit di Pretoria di mana mantan presiden Afrika Selatan ini dirawat. Wakil pemimpin Kongres Nasional Afrika ANC yang berkuasa – Cyril Ramaphosato – ikut menemani Jacob Zuma.

Mac Maharaj mengatakan kepada VOA, Presiden Jacob Zuma ingin memastikan kepada publik bahwa tim dokter sedang melakukan yang terbaik untuk memulihkan kondisi Mandela. Presiden Zuma menambahkan Madiba – nama marga Mandela – dirawat dengan sangat baik dan berada dalam kondisi nyaman.

Berita ini muncul dua hari setelah pemerintahan Afrika Selatan menggambarkan kondisi Mandela “serius tapi stabil”.

Nelson Mandela telah dirawat di rumah sakit selama dua minggu, untuk yang keempat kalinya sejak Desember lalu akibat masalah paru-paru.

Mandela memiliki sejarah penyakit paru-paru terkait TBC yang dideritanya ketika dipenjara selama 27 tahun di bawah sistem apartheid Afrika Selatan. Mandela dibebaskan tahun 1990 dan terpilih sebagai presiden empat tahun kemudian dalam pemilu demokratis pertama di Afrika Selatan.
XS
SM
MD
LG