Tautan-tautan Akses

Komisaris Uni Eropa: Kondisi Membaik, Yunani Siap Melangkah Maju


Komisaris Uni Eropa Pierre Moscovici memberikan keterangan pers di Brussels, Belgia (foto: dok).

Komisaris Uni Eropa Pierre Moscovici memberikan keterangan pers di Brussels, Belgia (foto: dok).

Kantor berita AFP melaporkan Komisaris Uni Eropa dan mantan menteri ekonomi Perancis, Pierre Moscovici hari Minggu (27/11) mengatakan Yunani akhirnya siap untuk melangkah maju.

Komisaris Uni Eropa Pierre Moscovici hari Senin (28/11) dijadwalkan mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Alexis Tsipras. Dalam wawancara dengan harian Yunani 'Ethnos', Moscovici mengatakan bahwa kesepakatan mengenai reformasi, sasaran anggaran, dan keringanan utang bagi Yunani sangat mungkin terjadi dalam beberapa hari mendatang.

Yunani harus merundingkan paket itu dengan Uni Eropa dan para kreditor IMF. Pertemuan berikutnya dengan para menteri keuangan zona Euro dijadwalkan 5 Desember mendatang.

Moscovici mengatakan kepada harian Ethnos bahwa ia akan meminta PM Tsipras untuk “menganjurkan pemerintah untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan".

Moscovici dikutip mengatakan kondisinya sangat tepat untuk mengangkat masalah beban utang Yunani pada pertemuan para menteri keuangan bulan mendatang.

Moscovici juga mengharapkan diskusi yang terbuka mengenai pertanyaan atas setiap pelonggaran langkah-langkah penghematan

Minggu lalu pemogokan berlangsung di Yunani menentang putaran baru kenaikan pajak dan perubahan ketenagakerjaan yang sedang dipertimbangkan oleh pemerintah berdasarkan perjanjian penyelamatan Uni Eropa. Pegawai negeri, para guru, pelaut dan dokter-dokter melakukan aksi mogok.

Anggota-anggota Uni Eropa dan IMF ingin pemerintah Yunani merombak UU perburuhannya sehingga pemogokan berkurang sementara mempermudah PHK.

Pemerintah Yunani bulan lalu juga menangguhkan anggaran baru sekitar satu miliar euro dari pajak ekstra barang-barang seperti mobil, telepon rumah, berlangganan TV, bahan bakar, tembakau kopi dan bir,

Anggaran negara untuk gaji dan pensiun juga akan dipangkas sampai 5.7 miliar euro atau 6 miliar dolar tahun depan. [my/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG