Tautan-tautan Akses

Komunitas di Virginia, AS, Kembangkan Program bagi Manula agar Tetap Aktif

  • June Soh

Senior Center Without Walls yang terletak di Fairfax County, Virginia merupakan tempat para manula dari perkampungan Burke dan West Springfield belajar menari agar tetap aktif.

Senior Center Without Walls yang terletak di Fairfax County, Virginia merupakan tempat para manula dari perkampungan Burke dan West Springfield belajar menari agar tetap aktif.

Di sebuah komunitas kecil di Virginia warga lanjut usia mengembangkan sebuah program yang dapat membuat mereka tetap aktif dan terlibat dalam masyarakat tanpa harus membengkakkan anggaran belanja pemerintah lokal.

Di salah satu kelas tari yang diadakan untuk warga lanjut usia di perkampungan Burke dan West Springfield di Fairfax County, Virginia nampak para manula sibuk belajar menari. Program mingguan di pusat perkumpulan warga lanjut usia yang diberi nama 'Senior Center Without Walls' ini sangat populer, sehingga memiliki lebih dari 60 peserta dalam setiap kelas.

Edna Ludden, peserta kelas tari berusia 71 tahun, mengatakan, "Saya suka kelas tari ini, dan rajin datang, sekalian untuk bersenam dan menggembirakan hati. Lagi pula bagus untuk ketajaman otak, karena saya harus mengingat langkah-langkah kaki!"

Kegiatan ini dimulai dua tahun lalu. Fasilitas yang digunakan antara lain gereja, sekolah perpustakaan dan aula-aula perusahaan, sementara program-program yang ditawarkan antara lain yoga, Tai Chi, klub buku dan kelas-kelas komputer. Biaya kursus yang hanya lima dolar per orang untuk delapan kali masuk diserahkan kepada pengajar.

John Cook, anggota Dewan Pengarah Kabupaten Fairfax mengatakan, gelanggang Senior Center Without Walls adalah contoh bagus kiprah kemitraan pemerintah dan swasta, yang tak dapat dilakukan oleh pemerintah sendiri.

"Staf kabupaten aktif terlibat, tetapi ini juga adalah program yang digerakkan oleh warga secara sukarela, dan ini merupakan kombinasi usaha yang hebat," ujarnya.

Corazon Foley, pendatang rutin di situ mengemukakan, "Bila kita membuat warga lanjut usia hidup lebih bergairah, itu berarti kita turut membantu keluarga-keluarga dan seluruh masyarakat menjadi lebih sehat."

Menurut Foley, warga lanjut usia yang tetap aktif secara fisik dapat membantu negara mengatasi krisis kesehatan bangsa, sambil bersuka-ria.

XS
SM
MD
LG