Tautan-tautan Akses

Komunikasi Belum Pulih di Daerah Bencana Topan Haiyan


Anak-anak mengusing tanda meminta pertolongan dan makanan di pinggir jalan raya di Tabogo, salah satu kota di provinsi Cebu, Filipina, yang dilanda topan Haiyan.

Anak-anak mengusing tanda meminta pertolongan dan makanan di pinggir jalan raya di Tabogo, salah satu kota di provinsi Cebu, Filipina, yang dilanda topan Haiyan.

Para petugas bantuan menggambarkan suasana kehancuran total di beberapa wilayah yang mengalami kerusakan paling parah akibat Haiyan.

Masalah komunikasi yang terputus masih melanda sebagian besar kota di sepanjang jalur yang dilewati topan Haiyan. Presiden Benigno Aquino telah menyatakan seluruh kawasan sebagai wilayah bencana.

Sementara bantuan dengan lamban dibawa menuju bagian-bagian wilayah Filipina yang dilanda topan, para petugas bantuan menggambarkan suasana kehancuran total di beberapa wilayah yang mengalami kerusakan paling parah.

Upaya pertolongan terhambat kerusakan infrastruktur akibat Haiyan, yang meratakan beberapa kota dengan tanah dan menewaskan sampai 10 ribu orang. Haiyan sekarang telah mencapai Vietnam, di mana kekuatannya berkurang menjadi badai tropis setelah mencapai daratan di provinsi Quang Ninh.

Amerika Serikat dan beberapa negara lain mengirim bantuan dan personil ke kawasan itu. Bantuan dan personil militer pertama Amerika diterbangkan hari Senin dari Manila ke salah satu area yang mengalami kerusakan paling parah, Tacloban, sebuah kota berpenduduk 220 ribu jiwa dimana puluhan gedung menjadi rata dengan tanah di kedua sisi jalan yang terendam banjir akibat gelombang pasang setinggi 4 meter.
XS
SM
MD
LG