Tautan-tautan Akses

Komputer Super dalam Penelitian Biomedis Mulai Berikan Hasil


Komputer super Anton dapat menciptakan model kegiatan protein. (Foto: Dok)

Komputer super Anton dapat menciptakan model kegiatan protein. (Foto: Dok)

Para peneliti biomedis hanya baru-baru ini mulai menggunakan komputer super dalam penelitian mereka, tetapi hasilnya sudah mulai kelihatan.

Para ilmuwan di Universitas Tennessee dan Insitut Ilmu Komputasi Laboratorium Nasional Oak Ridge, yang menggunakan komputer super yang khusus untuk penelitian bio-medis, telah mengetahui “tombol” molekul yang dapat menghidupkan dan memadamkan tingkah laku buruk bakteri penyebab penyakit.

Komputer super yang kedua paling kuat di dunia, bernama Anton, menunjukkan bahwa sepasang asam amino yang disebut Phe396 membantu bakteri E. coli menggerakkan dan menyampaikan informasi ke protein di dalam sel mengenai lingkungan setempat.

Komputer super Anton dapat menciptakan model kegiatan protein sesungguhnya yang sejauh ini diketahui hanya melalui tampilannya yang statis, yang dihasilkan kristalografi sinar-X.

Sejauh ini, tidak banyak yang telah diketahui mengenai kemampuannya berinteraksi dengan molekul lain. Para ilmuwan mengatakan bahwa pertukaran sinyal-sinyal antara molekul-molekul yang rumit adalah proses yang dinamis yang hampir tidak dapat dipahami hanya dengan melihat gambar-gambarnya.

Para peneliti sekarang berencana mencari petunjuk mengenai cara penemuan baru itu dapat digunakan untuk menemukan lagi obat-obat yang manjur melawan penyakit.

Hasil penelitian itu dimuat dalam jurnal “Nature Communications.”

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG