Tautan-tautan Akses

Komputer Mac Laris, Penjualan iPad Lesu

  • Associated Press

Para pengunjung di toko Apple di New York.

Para pengunjung di toko Apple di New York.

iPhone sekali lagi menjadi produk terlaris Apple pada tiga bulan pertama tahun ini. Raksasa teknologi ini menjual 61 juta iPhone, atau peningkatan 40 persen dari periode yang sama tahun lalu. Penjualan iPhone mencakup dua pertiga dari pendapatan $58 miliar Apple untuk kuartal terakhir.

Sementara itu, penjualan tablet Apple yang tadinya merupakan salah satu produk paling populer, mulai menurun dalam setahun terakhir. Apple menjual 12,6 juta iPad kuartal baru lalu, atau setara dengan pendapatan $5,4 miliar. Ini turun dari 16,3 juta unit iPad yang terjual pada periode yang sama setahun lalu.

Menurut analis, konsumen mulai menyadari tablet kurang multifungsi, dan mereka menanti untuk membeli model terbaru. CEO Apple Tim Cook mengatakan mereka yang mempertimbangkan iPad memilih membeli komputer Macbook baru yang sangat ringan, atau bahkan iPhone model baru dengan layar yang lebar.

Namun Cook mengatakan ia melihat iPad memiliki masa depan untuk keperluan bisnis, di mana karyawan dapat menggunakan aplikasi iPad khusus yang diciptakan IBM atau pengembang piranti lunak lainnya.

"Saya yakin iPad baik untuk bisnis dalam jangka panjang," kata Cook. "Kapan penjualannnya akan tumbuh kembali, saya tidak ingin memprediksi. Tapi saya sangat yakin ini akan terjadi."

Penjualan Mac naik

Di saat di mana peneliti pasar mengatakan pasaran komputer PC menciut, kebalikannya terjadi pada Apple dengan penjualan Mac-nya yang meningkat. Perusahaan ini menjual 4,6 juta komputer desktop dan laptop dalam kuartal terakhir.

Angka tersebut lebih kecil dibanding perkiraan 13,4 juta PC yang terjual oleh Lenovo pada periode yang sama. Tapi penjualan Mac menyumbangkan pendapatan $5,6 miliar bagi Apple kuartal tersebut dan menunjukkan pertumbuhan penjualan unit sebesar 10 persen, di saat di mana riset pasar oleh International Data Corp memperkirakan jumlah penjualan PC untuk semua merek turun 7 persen.

Pertumbuhan penjualan Mac paling tinggi dipimpin olehMacBook, menurut Chief Financial Officer Luca Maestri, tanpa merinci masing-masing porsi untuk desktop dan laptop.

Penjualan Apple Watch tidak diketahui

Apple menolak untuk mengungkap angka-angka penjualan Apple Watch, yang mulai bisa dibeli bulan lalu. Apple untuk sementara ini hanya menerima pesanan online dan Cook mengatakan, "Untuk sekarang, permintaan lebih besar daripada persediaan."

Tapi ia mengatakan Apple berupaya memenuhi pesanan dan mempercepat pengiriman yang tertunda beberapa pekan, sembari meningkatkan persediaan hingga dapat memenuhi permintaan di lebih banyak negara pada akhir Juni. Saat ini, Apple Watch dijual di AS, Kanada, Inggris, Perancis, Jerman, Australia, China, Hong Kong dan Jepang.

Maestri juga mengatakan Apple Watch akan menyebabkan keuntungan perusahaan akan sedikit menurut pada kuartal pertama penjualan jam ini. Walaupun demikian, Cook mengatakan ini lazim bagi produk baru di saat manufaktur dan distribusi masih dibenahi, dan ia menolak untuk menyebut perkiraan keuntungan dari Apple Watch dalam jangka panjang.

XS
SM
MD
LG