Tautan-tautan Akses

Komponis ‘Titanic’ Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

  • Associated Press

James Horner memegang dua piala Oscar untuk komposisi musik dan lagu orisinal film "Titanic", 1998.

James Horner memegang dua piala Oscar untuk komposisi musik dan lagu orisinal film "Titanic", 1998.

James Horner, peraih dua Oscar untuk komposisi musik dan lagu tema film "Titanic", tewas saat pesawat yang diterbangkannya jatuh di California.

James Horner, komponis musik untuk puluhan film dan pemenang dua Piala Oscar untuk karyanya dalam “Titanic,” tewas ketika pesawatnya jatuh di California bagian selatan. Ia berusia 61 tahun.

Pernyataan dari dua agennya mengatakan bahwa Horner telah meninggal dunia, meski pengukuhan resmi baru muncul beberapa hari sementara petugas forensik mengidentifikasi jenazah sang pilot, satu-satunya orang di atas pesawat itu.

Orang-orang yang mengisi bahan bakar pesawat itu di sebuah bandar udara di Camarillo mengukuhkan bahwa ia lepas landas dalam pesawat tersebut Senin pagi (22/6), kata pengacara Horner, Jay Cooper.

Pesawat Tucano MK1 S-312 itu jatuh dan terbakar di daerah terpencil di Hutan Nasional Los Padres, sekitar 160 kilometer dari barat laut Los Angeles.

Karya-karya Horner beragam, mulai dari musik untuk film berbiaya besar sampai film independen berbahasa asing. Ia bahkan menulis lagu tema program berita "CBS Evening News with Katie Couric."

Ia telah mendapat nominasi Academy Awards untuk komposisi musik film "Alien," "Apollo 13," "Field of Dreams," "Braveheart," "A Beautiful Mind," "House of Sand and Fog" dan "Avatar," serta lagu orisinal, "Somewhere Out There," dari "An American Tail."

Piala Oscar diraihnya atas komposisi musik dan lagu tema “My Heart Will Go On” yang dinyanyikan Celine Dion – keduanya untuk film “Titanic” (1997).

Bermain piano sejak usia lima tahun, Horner belajar di Royal Academy of Music di London dan University of Southern California, sebelum mendapat gelar-gelar akademis dari University of California, Los Angeles.

Ia mulai membuat komposisi musik film untuk film-film pendek dari American Film Institute. Pengakuan komersial pertamanya datang dari Roger Corman, yang merekrut Horner untuk membuat musik beberapa film di tahun 1980an, termasuk "Humanoids from the Deep" dan "Battle Beyond the Stars."

Horner juga pernah bekerjasama dengan George Lucas, Ron Howard, Steven Spielberg dan Oliver Stone. Ia sering bekerjasama dengan James Cameron.

Karya terbarunya adalah untuk film “Southpaw,” drama petinju yang dibintangi Jake Gyllenhaal yang akan dirilis 24 Juli mendatang.

XS
SM
MD
LG