Tautan-tautan Akses

Penyidik Inggris: Komponen Baterai Penyebab Kebakaran Boeing 787


Pesawat Boeing 787 'Dreamliner' milik Ethiopian Airlines mengalami kebakaran saat sedang parkir di Bandara Heathrow, London (12/7).

Pesawat Boeing 787 'Dreamliner' milik Ethiopian Airlines mengalami kebakaran saat sedang parkir di Bandara Heathrow, London (12/7).

Tim penyidik Inggris mengidentifikasi transmiter baterai sebagai kemungkinan penyebab kebakaran pesawat jet 'Dreamliner' yang diparkir di Bandara Heathrow, London.

Pejabat-pejabat urusan keselamatan penerbangan Inggris mengatakan transmiter lokasi darurat pada Boeing 787 Dreamliner sebaiknya tidak digunakan lagi setelah tim penyidik mengidentifikasi peralatan itu sebagai penyebab yang mungkin kebakaran pesawat jet yang diparkir di Bandara Heathrow, London pekan lalu.

Tim penyidik hari Kamis mengatakan kebakaran pada jet Ethiopian Airlines mungkin berasal dari komponen baterai itu, yang digunakan untuk mengirim sinyal kepada regu SAR seandainya terjadi kecelakaan. Pihak berwenang mengatakan, kebakaran Jumat lalu mungkin juga disebabkan oleh beberapa "mekanisme eksternal," seperti korsleting.

Pihak berwenang Inggris meminta pihak regulator keselamatan penerbangan Amerika agar memerintahkan komponen baterai itu dicabut pada pesawat Boeing buatan Amerika itu, yang 68 di antaranya telah dikirim ke 13 maskapai penerbangan di seluruh dunia. Produsen komponen baterei itu, Honeywell International, mengatakan akan mematuhi jika pejabat urusan keselamatan penerbangan ingin peralatan itu tidak digunakan lagi.

Tidak seorang pun terluka ketika kebakaran terjadi pada pesawat, yang kosong pada saat itu. Awal tahun ini, seluruh armada pesawat Dreamliner Boeing tidak terbang selama empat bulan setelah terjadi kebakaran yang dimulai pada baterai lithium ion pada dua di antara pesawat 787 itu.
XS
SM
MD
LG