Tautan-tautan Akses

Komite Pemilu Honduras: Hernandez Bakal Menang


Seorang warga di Catacamas, Honduras, memberikan suaranya dalam pemilihan umum (24/11). (AP/Eduardo Verdugo)

Seorang warga di Catacamas, Honduras, memberikan suaranya dalam pemilihan umum (24/11). (AP/Eduardo Verdugo)

Juan Orlando Hernandez dari Partai Nasional yang berkuasa kemungkinan besar akan menang atas Xiomara Castro dari partai sayap kiri, Partai Libre.

Para pejabat pemilihan umum Honduras telah menyatakan “tidak dapat dihentikan” kecenderungan dalam penghitungan suara yang akan membuat Juan Orlando Hernandez pemenang walaupun saingan terdekatnya telah menyatakan kemenangan.

Dengan kira-kira 68 persen suara di negara itu dihitung setelah pemilu Minggu, seorang juru bicara mahkamah pemilu mengatakan Senin (25/11) bahwa Hernandez dari Partai Nasional yang berkuasa, dengan perolehan 34 persen suara sejauh ini, kemungkinan besar akan menang atas Xiomara Castro dari partai sayap kiri, Partai Libre, yang memperoleh 29 persen.

Sejauh ini, Castro tetap mengatakan bahwa dia dalah pemenang pemilihan presiden itu. Suaminya, mantan presiden Manuel Zelaya, yang digulingkan pada 2009, telah mengatakan dia tidak menerima hasil demikian dan menuduh adanya ketidak-konsistenan dalam proses pemilu.

Duta Besar Amerika untuk Honduras dan tim peninjau pemilu Uni Eropa mengatakan proses pemilu dijalankan tanpa pelanggaran, dan mendesak para calon agar menghormati hasilnya.

Tetapi, partai Castro telah bertekad untuk mengambil tindakan hukum.
XS
SM
MD
LG