Tautan-tautan Akses

Komite Olimpiade Pertimbangkan Rusia untuk Olimpiade Brazil


ARSIP – Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Back, berbicara di Forum Olimpiade Dunia. Moskow, Rusia (foto: AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

ARSIP – Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Back, berbicara di Forum Olimpiade Dunia. Moskow, Rusia (foto: AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Keikutsertaan tim Rusia dalam pertandingan Olimpiade bulan depan di Brazil akan menjadi bahan pertimbangan bagi Komite Olimpiade Internasional hari Selasa.

Komite Olimpiade Internasional mempertimbangkan hari Selasa apakah akan melarang semua tim Rusia bertanding dalam Olimpiade bulan depan di Brazil atas tuduhan perbuatan doping yang luas dan dengan sangat rapi.

Dewan eksekutif IOC akan mengadakan konferensi jarak-jauh hari ini setelah Badan Anti-Doping Dunia atau WADA mengeluarkan laporan independen yang menyebut doping oleh para atlet Rusia dalam Olimpiade Musim Dingin di Sochi, Rusia, tahun 2014 disponsori pemerintah secara luas.

WADA menghendaki agar IOC melarang semua atlet dan pejabat Rusia turut dalam pesta olah raga di Brazil itu.

Para atlet atletik Rusia sudah dilarang turut dalam perlombaan internasional oleh badan pengurus cabang olah raga itu.

Dalam pernyataan hari Senin, IOC mengatakan “mereka akan mempertimbangkan dengan seksama tuduhan yang rumit dan terinci itu, khususnya mengenai keterlibatan Kementerian Olah Raga Rusia.

“IOC tidak akan segan mengambil tindakan paling berat yang tersedia terhadap setiap perorangan atau organisasi yang tersangkut,” kata Presiden IOC Thomas Bach.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah memberhentikan untuk sementara menteri olah raganya hari Senin menunggu hasil penyelidikan, tetapi juga meragukan kebenaran laporan WADA tersebut. [gp]

XS
SM
MD
LG