Tautan-tautan Akses

Tanggapi Ancaman Domestik, Beijing Bentuk Komisi Keamanan Nasional


Juru bicara Kemenlu China Qin Gang menegaskan bahwa komisi keamanan nasional difokuskan pada ancaman domestik (foto: dok).

Juru bicara Kemenlu China Qin Gang menegaskan bahwa komisi keamanan nasional difokuskan pada ancaman domestik (foto: dok).

Ada spekulasi bahwa Beijing mengambil keputusan pembentukan komisi itu sebagian sebagai tanggapan atas memburuknya sengketa wilayah dengan negara-negara tetangga.

Kementerian Luar Negeri China mengisyaratkan bahwa komisi keamanan nasional yang diusulkan pekan ini oleh para tokoh Partai Komunis akan lebih terfokus pada ancaman domestik daripada dari luar.

Pernyataan itu dikeluarkan sehari setelah komunike dengan susunan kata-kata tidak jelas yang dikeluarkan pada akhir sidang partai di Beijing mengatakan bahwa Beijing akan membentuk sebuah komisi untuk menjaga keamanan nasional.

Ada spekulasi bahwa Beijing mengambil keputusan itu sebagian sebagai tanggapan atas memburuknya pertikaian wilayah dengan negara-negara tetangganya termasuk Jepang.

Ketika ditanya hari Rabu mengenai apakah usul itu dipengaruhi keputusan Jepang belum lama ini untuk membentuk dewan keamanan nasional, juru bicara Kementerian Luar Negeri Qin Gang menekankan peran domestik badan yang diusulkan itu.

Sebagian analis sependapat dengan mengatakan bahwa keputusan itu bertujuan menangkal yang disebutnya tiga masalah besar yaitu terorisme, separatisme, dan ekstremisme keagamaan.
XS
SM
MD
LG