Tautan-tautan Akses

Komisaris HAM Eropa Desak Penyelidikan soal Tempat Penahanan CIA


Kamp tahanan tersangka teroris di Guantanamo, Kuba (foto: dok). CIA diduga mendirikan lokasi-lokasi rahasia penahanan tersangka teror di luar AS.

Kamp tahanan tersangka teroris di Guantanamo, Kuba (foto: dok). CIA diduga mendirikan lokasi-lokasi rahasia penahanan tersangka teror di luar AS.

Ketua Dewan HAM Eropa mengatakan CIA mendirikan lokasi-lokasi penahanan rahasia di luar AS, termasuk beberapa di antaranya di Eropa.

Komisaris Dewan HAM Eropa telah mendesak Lithuania, Polandia dan Romania untuk menyelidiki dugaan peran pemerintah negara mereka dalam program rahasia Badan Intelijen Pusat Amerika, CIA, menahan, memindahkan dan menginterogasi para tersangka teroris di luar Amerika.

Thomas Hammarberg mengatakan CIA mendirikan lokasi-lokasi rahasia di luar Amerika, termasuk beberapa di antaranya di Eropa, sebagai bagian dari operasi kontra-terorisme rahasia di mana para tahanan diduga disiksa. Ia mengatakan Polandia, Romania dan Lithuania mengambil langkah-langkah luar biasa untuk menyimpan pengungkapan kasus itu dari pengetahuan umum.

Hammarberg mendesak pengungkapan di negara-negara tersebut, meskipun mungkin akan menimbulkan kerugian diplomatik, dengan tujuan mencegah pemerintah negara-negara itu di masa mendatang melakukan taktik serupa. Ia mengatakan teknik-teknik interogasi yang diizinkan pemerintah Amerika pada banyak kasus berupa penyiksaan dan mencakup waterboarding, atau simulasi penenggelaman.

Polandia telah melakukan penyelidikan terhadap tuduhan-tuduhan tersebut tetapi belum memberikan reaksinya. Juga belum ada komentar segera dari para pejabat di Romania atau Lithuania.

XS
SM
MD
LG