Tautan-tautan Akses

Komik Populer Jepang Picu Debat soal Dampak Radiasi


Manga, buku cerita komik versi Jepang, dapat ditemukan di jajaran cerita populer di beberapa toko buku di Amerika (Foto: dok).

Manga, buku cerita komik versi Jepang, dapat ditemukan di jajaran cerita populer di beberapa toko buku di Amerika (Foto: dok).

Sebuah komik manga seri 'Oishinbo' yang populer di Jepang memicu debat publik tentang dampak radiasi di Fukushima terhadap kesehatan.

Sebuah komik manga yang populer di Jepang memicu debat publik tentang dampak radiasi terhadap kesehatan menyusul bencana nuklir Fukushima, sehingga penerbit mengeluarkan edisi khusus pada hari Senin (19/5).

Seri komik Oishinbo edisi 28 April, karya Tetsu Kariya, menggambarkan karakter yang mimisan setelah mengunjungi pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Dai-ichi. Tiga reaktor Fukushima mengalami kebocoran setelah tsunami Maret 2011, dan radiasi mencemari kota-kota terdekat.

Pemerintah daerah mengatakan penggambaran komik itu menumbuhkan ketakutan yang tidak berdasar dan bahkan mendiskriminasi Fukushima.

Menurut harian Japan Times, majalah komik Big Spirits Comic tidak akan memuat Oishinbo mulai edisi 26 Mei. Majalah mingguan itu menambahkan bagian khusus dalam edisi Senin dengan kritik dan masukan yang diterima mengenai Oishinbo, termasuk pendapat para ahli medis.
XS
SM
MD
LG