Tautan-tautan Akses

Komet Tak Berekor Mungkin Ada Sejak Pembentukan Tata Surya


Komet baru, yang dikenal sebagai C/2014 S3, atau komet “Manx” ditemukan pada tahun 2014 oleh Pan-STARRS (M. Kornmesser/ESO)

Komet baru, yang dikenal sebagai C/2014 S3, atau komet “Manx” ditemukan pada tahun 2014 oleh Pan-STARRS (M. Kornmesser/ESO)

Sepotong materi yang mungkin berasal dari pembentukan tata surya telah berhasil dilihat oleh para astronom. Salah satu petunjuk pertama bahwa benda itu tidak biasa adalah ketiadaan ekor yang tampak pada umumnya.

Para astronom melihat sepotong materi yang mungkin berasal dari pembentukan tata surya.

Objek itu, disebut C/2014 S3 (PANSTARRS), dua kali lebih jauh dari matahari dibandingkan Bumi, dengan periode orbit 860 tahun. Artinya, kemungkinan objek itu berasal dari Awan Oort, sebaris objek es di bagian terluar sistem tata surya.

Dalam jurnal Science Advances, peneliti menulis, itu objek pertama yang "ditemukan mengenai periode panjang orbit komet yang memiliki karakteristik murni dalam asteroid tata surya" dan mungkin memberi data mengenai masa-masa awal sistem planet kita.

Salah satu petunjuk pertama bahwa benda itu tidak biasa adalah ketiadaan ekor yang biasa tampak pada umumnya komet ketika mendekati matahari. Ini mendorong peneliti menjulukinya komet "Manx," mengacu pada kucing tak berekor.

Kajian pada cahaya yang dipantulkan C/2014 S3 (PANSTARRS) menunjukkan kepada peneliti bahwa benda itu terdiri dari "bahan baru materi bagian dalam tata surya," yang mendiami Awan Oort dan "kini kembali ke tempat asalnya."

Penemuan lebih lanjut komet tak berekor bisa membantu peneliti memperbaiki model mengenai bagaimana sistem tata surya kita terbentuk. [ka/al]

XS
SM
MD
LG